MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI PERSEGI DI KELAS XI (TKJ) SMK NEGERI 2 LUWUK

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.126

Authors

  • I Nyoman Suyantana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS)

Abstract

Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya pada dasarnya Peserta Didik kurang perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi persegi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan Kelas XI (TKJ)  SMK Negeri 2 Luwuk Kabupaten Banggai pada Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,196% pada siklus I menjadi 92,804% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 71,86% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,50% dari siklus I menjadi 92,50% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS)  pada materi persegi dapat meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI (TKJ)  SMK Negeri 2 Luwuk Kabupaten Banggai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-24

How to Cite

Suyantana, I. N. . (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI PERSEGI DI KELAS XI (TKJ) SMK NEGERI 2 LUWUK. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.126

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.