MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI PERSEGI DI KELAS XI (TKJ) SMK NEGERI 2 LUWUK
https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.126
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS)Abstract
Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya pada dasarnya Peserta Didik kurang perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi persegi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan Kelas XI (TKJ) SMK Negeri 2 Luwuk Kabupaten Banggai pada Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,196% pada siklus I menjadi 92,804% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 71,86% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,50% dari siklus I menjadi 92,50% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi persegi dapat meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI (TKJ) SMK Negeri 2 Luwuk Kabupaten Banggai.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.