Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMK Negeri 1 Luwuk

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.269

Authors

  • Rendi Hadian A. Tamagola Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Saipul Bachri S. Lajiba Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Ulfia Ramli Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Modul Pembelajaran, Pendekatan Saintifik

Abstract

Proses Pembelajaran matematika sangat membutuhkan adanya media yang dapat digunakan sebagai perantara atau komponen sumber belajar yang dapat merangsang peserta didik untuk dapat berpikir kritis dan bersikap aktif dalam proses pembelajarannya. Dengan keterbatasan sumber belajar seperti bahan ajar atau modul pembelajaran dapat mengakibatkan ketidaktertarikan peserta didik untuk belajar sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Sebagaimana yang terjadi di SMK Negeri 1 Luwuk Kabupaten Banggai, 69,4% peserta didik tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang layak (praktis dan efektif) digunakan dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Luwuk.Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R & D), dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi3 tahap pengembangan yaitu Define, Design, dan Develop. Tahapan ini dimulai dari Penentuan dan Pendefinisian syarat-syarat pembelajaran seperti Analisis Awal-Akhir, Analisis Peserta Didik, Analisis Konsep/Tugas dan Perancangan Tujuan Pembelajaran. Selanjutnya dilakukan penyusunan produk awal berupa draf modul pembelajaran berbasis saintifik, yang kemudian divalidasi oleh ahli. Setelah proses validasi, peneliti kemudian melakukan uji coba dan perbaikan serta mengukur tingkat kelayakan (kepraktisan dan keefektifan) dari penggunaan modul berbasis pendekatan saintifik tersebut pada pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung.

Damayanti, Irma. 2017. “Pengembangan Modul Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas XI MA Syech Yusuf” Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) ALAUDDIN Makassar.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Lajiba, Saipul Bachri. 2013. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Kelas X Semester Genap Untuk SMK”. Tesis. Universitas Negeri Gorontalo.

Musfiqon., & Nurdiansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center (NLC).

Nihayah, E. F. K. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 80-94. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.146.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik IndonesiaNomor 81a tahun 2013 Lampiran IV.

Rahmi Ramadhani, Masrul, Dicky Nofriansyah, Mustofa Abi Hamid, I Ketut Sudarsana, Sahri, Janner Simarmata, Meilani Safitri, Suhelayanti, 2020. ‘Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan’. Publisher: Yayasan Kita Menulis. Cetakan 1, Juli 2020. ISBN: 978-623-6512-58-6 dan E-ISBN: 978-623-6512-59-3.

Tamagola, Rendi H.A, Ellyas Palalas, Lakilo Laruli. 2019. “Pengembangan Modul Aljabar Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Di Lingkungan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk Menggunakan Model Elaborasi”. 193-207. Buku Prosiding Seminar Nasional, Universitas Negeri Gorontalo. ISBN: 978-602-5878-81-7.

Ramadhana, R., & Hadi, A. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 7E dengan Pendekatan Saintifik. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 45-52.

Rusindrayanti., & Santoso, R. H. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 DIY. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(10), 80-94.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. 2015. Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185. 10.21831/jrpm.v2i2.7332.

Yulistiana, Y., Rinaldi, A., & Fadila, A. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.834.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Tamagola, R. H. A. ., Lajiba, S. B. S., & Ramli, U. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMK Negeri 1 Luwuk. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.269

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.