DESKRIPSI PERBANDINGAN TAKSONOMI BLOOM DAN IDENTIFIKASI PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI REVISI TAKSONOMI BLOOM

https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i1.108

Authors

  • Ilham Akbar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Revisi taksonomi Bloom, tujuan pembelajaran fisika, domain kognitif, pendidikan menengah

Abstract

Perumusan tujuan pembelajaran fisika merupakan aspek mendasar dalam kegiatan belajar dan pembelajaran fisika. Sehingga penting bagi para guru untuk menentukan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai berkaitan penguasaan pengetahuan. Taksonomi Bloom (1956) tentang penguasaan pengetahuan telah direkonstruksi oleh Anderson & Krathwohl (2001) sehingga lebih aplikatif dan implementatif. Aplikatif karena revisi taksonomi bloom memiliki enam kategori dalam dimensi proses kognitif yang dapat diaplikasikan pada berbagai situasi pembelajaran yang ingin dicapai/dilakukan oleh peserta didik. Implementatif karena revisi taksonomi bloom memiliki empat kategori penguasaan pengetahuan dalam dimensi pengetahuan, yang bisa diimplementasikan pada suatu (apa yang ingin dicapai) dalam pembelajaran. Walaupun kedua taksonomi tersebut mengarahkan pada domain kognitif, namun terdapat perbedaan mendasar antara Taksonomi Bloom sebelum revisi dan setelah revisi, yaitu perbedaan pada letak penempatan dimensi pengetahuan, dimana revisi taksonomi Bloom menempatkan dimensi pengetahuan menjadi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan, prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan secara umum tentang perumusan tujuan pembelajaran fisika yang berorientasi revisi taksonomi bloom dengan pendekatan kualitatif teoritis. Dengan menerapkan tabel taksonomi Bloom pada pembelajaran fisika, para guru diharapkan dapat mengidentifikasi, merancang dan merumuskan tujuan pembelajaran fisika dengan tepat dan terukur berikaitan dengan domain kognitif yang hendak dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Akbar, I. (2021). DESKRIPSI PERBANDINGAN TAKSONOMI BLOOM DAN IDENTIFIKASI PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI REVISI TAKSONOMI BLOOM. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i1.108

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.