PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 1 LUWUK

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.95

Authors

  • Danti Yuliarsi Saadjad Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

TGT Learning Model, Online Learning, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendesrikpsikan pengaruh model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring tarhadap hasil belajar siswa kelas VII materi IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 1 Luwuk, menggunakan metode quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan tes ekperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 20 orang dan kelas VIIB 20 orang, dipilih menggunakan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung  = 5,763 > nilai ttabel = 2,101. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTS Negeri 1 Luwuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandrawati, S. R. 2010. Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8(2), 172–181.

Elza. 2018. Penerapan Model Tgt (Teams Geams Tournament) Menggunakan Media Kotak Dan Kartu Misterius Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts Darul Hikmah. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hasanah. 2020. Analisis aktivitas pembelajaran daring. Unesa.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. 2020. Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Maharani, N., & Kartini, K. S. 2019. Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173.

Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa MediaSuardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan (R & D).Cetakan ke 9. Bandung: CV. Alfabeta.

ViVialakuli. 2020. Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual pada materi ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Gamalia Palu. Tesis. Palu: Pascasarjana Untad.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Saadjad, D. Y. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 1 LUWUK. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.95

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.