PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.142

Authors

  • Hasman Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar, ATI

Abstract

Hasil penelituian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih tinggi dari pada peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (  = 18,05 >  = 4,03). Hal ini terlihat dari rata – rata hasil belajar matematika peseta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada ranah kognitif dengan aspek pengetahuan  (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3) dan analisis (C4) mengalami peningkatan sebesar 9,67  sedangkan peserta didik yang diajarakan dengan model pembelajarann langsung pada ranah kognitif dengan aspek pengetahuan  (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3) dan analisis (C4) mengalami peningkatan sebesar 7,09. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahmansyah, dkk., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Patra Mandiri Palembang pada Mata Pelajaran IPA Biologi.

Herlina, 2015. Pengaruh Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru.

Lestari, K.E., Yudhanegara, M.K., 2015. Penelitian pendidikan Matematika.

Laruli, L. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Totikum Kabupaten Banggai. Tesis UNG. Sudah dipublikasi.

Ovy Nuraini, Chusnal Ainy, Endang Suprapti, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya penulisan karya ilmiah guru-guru SMA/SMK/MA seprovinsi gorontalo.

Widiastuti Wualan, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (Ati) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Hasman. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 52–57. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.142

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.