Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray pada Kelas X MAN Kotabaru
https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.297
Keywords:
Eksperimen, Course Review HorrayAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dan kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray pada pokok bahasan bentuk akar di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen-komparasi yaitu membandingkan hasil belajar siswa pada kelas yang diberikan perlakuan (treatment) model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) model tersebut (non Course Review Horray). Hasil penelitian menunjukkan t-hitung t-tabel (5%) yaitu 2.45 2.00 sehingga dapat disimpulkan, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dan kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray (non Course Review Horray) pada pokok bahasan bentuk akar di kelas X MAN Kotabaru.
Downloads
References
Faradita, M. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 185–192. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1404
Hamid, S. (2013). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.
Huda, M. (2013). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Irmas, & Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Katapena.
Ismawati, F., Nugroho, S., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan FIsika Indonesia, 10(1), 22–27. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3047
Munthe, B. (2016). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.127
Pradnyani, I. A. R., Marhaeni, A. A. I, N., & Ardana, I. M. (2013). Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan di SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Pramadita, A. A., Mashuri, M., & Arifudin, R. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horray Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2).
https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3336
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. sari. (2019). Model Pembelajaran Course Review Horray untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1-10. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 86–91. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.972
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Media Press.
Sukmawati. (2015). Penerapan Permainan Matematika Terhadap Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini pada PAUD Az-Zaitun Medan. Jurnal Serunai Matematika, VII(13), 69–75.
Sutrisno. (2012). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4). Retrieved from http://fkip.unila.ac.id/ojs/data/journals/II/ JPMUVol1No4/016-Sutrisno.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Radiatul Adawiah, Evi Novianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.