Integrasi Canva dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Essay Writing Mahasiswa

https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.815

Authors

  • Nurlaela Bahasa dan kebudayaan Inggris, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Nadya Septiani Rahman Bahasa dan kebudayaan Inggris, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Anitha Thalib Mbau Bahasa dan kebudayaan Inggris, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Sukma Widya Sasmi Sabbu Bahasa dan kebudayaan Inggris, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia

Keywords:

Canva, Pembelajaran, Essay Writing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis esai mahasiswa dengan mengintegrasikan Canva sebagai media pembelajaran digital melalui desain kuasi-eksperimental. Skor pre-test dan post-test dianalisis untuk mengukur perbaikan, didukung oleh data kualitatif dari observasi dan wawancara. Temuan tersebut mengungkapkan adanya peningkatan signifikan dalam skor post-test kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, seperti yang dikonfirmasi oleh hasil uji t-independen. Mahasiwa yang menggunakan Canva menunjukkan organisasi, koherensi, dan pengembangan konten yang lebih baik dalam esai mereka. Data kualitatif menunjukkan bahwa fitur visual dan interaktif Canva meningkatkan kreativitas, motivasi, dan keterlibatan, membuat penulisan esai menjadi lebih sistematis dan menyenangkan. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan Canva ke dalam pengajaran penulisan esai secara efektif meningkatkan kinerja akademik dan mendorong literasi digital. Penggunaan Canva menjembatani pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis, memberikan solusi inovatif untuk tantangan dalam pengajaran tradisional. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengadopsi alat digital dalam pendidikan tinggi dan merekomendasikan eksplorasi lebih lanjut tentang penerapan Canva dalam konteks akademik lainnya untuk meningkatkan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M. F. F., & Herdi. (2021). Investigasi Kemampuan mahasiswa dalam Menulis Esai Ilmiah pada Mata Kuliah Composition and Essay Writing. Jurnal Pendidikan, 9(2), 73-82. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.1104

Amrina, A., Mudinillah, A., & Hamid, M. A. (2022). The Utilization of the Canva Application as A Media for Arabic Learning at MTs Negeri Sungai Jambu. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(2), 406–422. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3192

Andriyanto, O. D., Hardika, M., & Sukarman, S. (2022). Canva as a Media for Exploration of Indonesian Tourism Knowledge in BIPA Learning . Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 190–194. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.034

Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590

Ayu, C. (2024). Kemampuan Menulis Short Essay Berbasis Reflective Teaching (1st ed.). Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Choirunisa, A., & Fadly, A. (2023). The Use of Canva Application on Material of Advertising Text. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2), 230–240. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.63543

Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789

Khairunnisa, I. F., Permana, I., & Lestari, R. D. (2023). Penerapan Media Canva Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Discovery Learning Di Kelas Vii. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 177–184. https://doi.org/10.22460/parole.v6i2.18399

Kurniasih, N., Nurislsminingsih, R., & Yanto, A. (2024). Keterampilan Menulis Esai Bagi Mahasiswa. Communnity Development Journal, 5(1), 2121–2125. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25714

Maryunani, M., & Hasan, N. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Aplikasi Canva Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 91–96. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2888

Nurlaela, N., Ilham, M. J., & Lisabe, C. M. (2022). The The Effects of Storyjumper on Narrative Writing Ability of EFL Learners in Higher Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1641–1647. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4144

Priyatna, I. P. D., Suwastini, N. K. A., & Dantes, G. R. (2023). College Students’ Perception of Using Canva in English Writing Class. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i1.57231

Qur’ani., Nurhijrah., Syarifa, S., & Hamsar, I. (2023). Training on Making Interesting Percentage Learning Media Using Canva Training of Interesting Learning Media Making Training Using Canva Besse. International Journal of Empowerment and Community Services: 1(2), 92–98.

Rezkyana, D., & Agustini, S. (2022). The Use of Canva in Teaching Writing. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 3, 71–74. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.267

Sari, D., Sri Astuti, D., & PGRI Pontianak, I. (2024). Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya. Journal of Education Research, 5(2), 1064–1070.

Sartika, D. P., & Sunarti, V. (2021). The Effect of the Use of Canva Application Learning Media on the Creativity of Students in Language Studio Extracurricular Activities at SMPN 1 Tanjung Emas. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 506. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113842

Titiyanti, Y., Anam, S., & Retnaningdyah, P. (2022). Implementing Canva In The Digital Learning Process For Junior High School. Jurnal Education And Development, 10(3), 708–712.

Wijayanti, E. (2022). Teaching English by Using Canva: Students’ and Lecturers’ Voice. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 6(2), 411. https://doi.org/10.29240/ef.v6i2.5709

Rochimmatussa’adah., Yuniartanti, R., Widyawati, N., Sitoro, F. L., Utomo, A. P., Isnarto., & Pambudi, S. H. (2024). Implementasi Media Canva dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Surat Pribadi dan Dinas pada Siswa SMPN 34 Semarang. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 50–61. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.982

Zulhandayani, F. (2023). Canva sebagai Media Peningkatan Kreativitas Mendesain Iklan Slogan dan Poster pada Model Project-Based Learning. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 126–131. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6522

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Nurlaela, Rahman, N. S., Mbau, A. T., & Sabbu, S. W. S. (2024). Integrasi Canva dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Essay Writing Mahasiswa. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 124–134. https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.815

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.