Integrasi Canva dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Essay Writing Mahasiswa
https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.815
Keywords:
Canva, Pembelajaran, Essay WritingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis esai mahasiswa dengan mengintegrasikan Canva sebagai media pembelajaran digital melalui desain kuasi-eksperimental. Skor pre-test dan post-test dianalisis untuk mengukur perbaikan, didukung oleh data kualitatif dari observasi dan wawancara. Temuan tersebut mengungkapkan adanya peningkatan signifikan dalam skor post-test kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, seperti yang dikonfirmasi oleh hasil uji t-independen. Mahasiwa yang menggunakan Canva menunjukkan organisasi, koherensi, dan pengembangan konten yang lebih baik dalam esai mereka. Data kualitatif menunjukkan bahwa fitur visual dan interaktif Canva meningkatkan kreativitas, motivasi, dan keterlibatan, membuat penulisan esai menjadi lebih sistematis dan menyenangkan. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan Canva ke dalam pengajaran penulisan esai secara efektif meningkatkan kinerja akademik dan mendorong literasi digital. Penggunaan Canva menjembatani pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis, memberikan solusi inovatif untuk tantangan dalam pengajaran tradisional. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengadopsi alat digital dalam pendidikan tinggi dan merekomendasikan eksplorasi lebih lanjut tentang penerapan Canva dalam konteks akademik lainnya untuk meningkatkan hasil pembelajaran.
Downloads
References
Abbas, M. F. F., & Herdi. (2021). Investigasi Kemampuan mahasiswa dalam Menulis Esai Ilmiah pada Mata Kuliah Composition and Essay Writing. Jurnal Pendidikan, 9(2), 73-82. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.1104
Amrina, A., Mudinillah, A., & Hamid, M. A. (2022). The Utilization of the Canva Application as A Media for Arabic Learning at MTs Negeri Sungai Jambu. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(2), 406–422. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3192
Andriyanto, O. D., Hardika, M., & Sukarman, S. (2022). Canva as a Media for Exploration of Indonesian Tourism Knowledge in BIPA Learning . Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 190–194. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.034
Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590
Ayu, C. (2024). Kemampuan Menulis Short Essay Berbasis Reflective Teaching (1st ed.). Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Choirunisa, A., & Fadly, A. (2023). The Use of Canva Application on Material of Advertising Text. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2), 230–240. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.63543
Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
Khairunnisa, I. F., Permana, I., & Lestari, R. D. (2023). Penerapan Media Canva Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Discovery Learning Di Kelas Vii. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 177–184. https://doi.org/10.22460/parole.v6i2.18399
Kurniasih, N., Nurislsminingsih, R., & Yanto, A. (2024). Keterampilan Menulis Esai Bagi Mahasiswa. Communnity Development Journal, 5(1), 2121–2125. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25714
Maryunani, M., & Hasan, N. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Aplikasi Canva Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 91–96. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2888
Nurlaela, N., Ilham, M. J., & Lisabe, C. M. (2022). The The Effects of Storyjumper on Narrative Writing Ability of EFL Learners in Higher Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1641–1647. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4144
Priyatna, I. P. D., Suwastini, N. K. A., & Dantes, G. R. (2023). College Students’ Perception of Using Canva in English Writing Class. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i1.57231
Qur’ani., Nurhijrah., Syarifa, S., & Hamsar, I. (2023). Training on Making Interesting Percentage Learning Media Using Canva Training of Interesting Learning Media Making Training Using Canva Besse. International Journal of Empowerment and Community Services: 1(2), 92–98.
Rezkyana, D., & Agustini, S. (2022). The Use of Canva in Teaching Writing. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 3, 71–74. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.267
Sari, D., Sri Astuti, D., & PGRI Pontianak, I. (2024). Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya. Journal of Education Research, 5(2), 1064–1070.
Sartika, D. P., & Sunarti, V. (2021). The Effect of the Use of Canva Application Learning Media on the Creativity of Students in Language Studio Extracurricular Activities at SMPN 1 Tanjung Emas. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 506. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113842
Titiyanti, Y., Anam, S., & Retnaningdyah, P. (2022). Implementing Canva In The Digital Learning Process For Junior High School. Jurnal Education And Development, 10(3), 708–712.
Wijayanti, E. (2022). Teaching English by Using Canva: Students’ and Lecturers’ Voice. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 6(2), 411. https://doi.org/10.29240/ef.v6i2.5709
Rochimmatussa’adah., Yuniartanti, R., Widyawati, N., Sitoro, F. L., Utomo, A. P., Isnarto., & Pambudi, S. H. (2024). Implementasi Media Canva dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Surat Pribadi dan Dinas pada Siswa SMPN 34 Semarang. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 50–61. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.982
Zulhandayani, F. (2023). Canva sebagai Media Peningkatan Kreativitas Mendesain Iklan Slogan dan Poster pada Model Project-Based Learning. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 126–131. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurlaela, Nadya Septiani Rahman, Anitha Thalib Mbau, Sukma Widya Sasmi Sabbu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.