PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.164

Authors

  • Danti Yuliarsi Saadjad Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Metode Kooperatif Model STAD, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamala dengan tujuan untuk Mendeskripsikan kualitas keterlaksanaan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VII SMP Negeri 1 Lamala. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menggunakan tindakan berupa penerapan pembelajaran IPA model Students Team Achievement Divisons (STAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana paparannya berisi tentang keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran IPA Model STAD, dan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model STAD yang terdiri penyajian kelas dan belajar tim, analisis dan pengerjaan tugas LKS, mempresentasikan tugas, penghargaan, dan tes yang diorientasikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerapan pembelajaran dengan model STAD dapat terlaksana dengan baik, dengan presentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Prestasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran dengan model STAD pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode kooperatif  model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lamala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad (Student Team sachievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd Muhammadiyah 5 Malang. Malang : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ali. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Cahyono, B. S. 2014.

Choiryah, Nur, 2008. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Bidang Sains Bagi Siswa Kelas VIII-E SMPN1 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Nergeri Malang.

Komaidi, didik dan Wahyu Wijayanti.(2011). Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media.

Najma, Kundera, dan Fatmah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 14 Ampana. Palu : FKIP UNTAD.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Undang-undang sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Saadjad, D. Y. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 45–52. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.164

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.