Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Pola Bilangan

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.384

Authors

  • Herawaty Tansala Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, STAD, Pola Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Lembo pada materi pola bilangan dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lembo yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran STAD, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I adalah 64.48 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72.87. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembejaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, S., Kamid, & Muhaimin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 262–270. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12185

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 275–280. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2832

Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant, 1(1), 16–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47

Indrawati, N. L. G. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal Of Education Action Research, 1(2), 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12040

Lastia, I. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(242–250). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943

Makhrus. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V.A SD Negeri 146/IX Parit Kecamatan Sungai Gelam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 739–743. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/440270-none-5f583343.pdf

Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.127

Octavia, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pecahan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2904–2911.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2519

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6(2), 122–130.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Suherni, T., Nurhamzah, & Silmiati, N. Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Madrosatuna:Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i2.57

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4678

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Tansala, H., & Suyantana, I. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Pola Bilangan. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–114. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.384

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.