Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Minat dan Kemandirian Belajar Siswa SMA PGRI Teluknaga Kab. Tangerang
https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.785
Keywords:
Discovery Learning, Minat, Kemandirian BelajarAbstract
Kurangnya model pembelajaran yang inovatif menyebabkan menurunnya minat dan kemandirian belajar siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya partisipasi aktif serta kemampuan siswa dalam mengembangkan pemahaman secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian meliputi siswa kelas X SMA PGRI Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Studi ini menggunakan metodologi desain kuasi - eksperimental dengan menggunakan rancangan sampel berdasarkan satu kelas Pretest dan Posttest design. Instrumen yang digunakan berupa soal yang disesuaikan dengan indikator yang telah dikembangkan. Analisis mengunakan data uji t, uji homogenitas, dan uji normalitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning memberikan dmpak pada minat belajar siswa, akan tetapi pada kemandirian belajar masih belum berdampak. Temuan ini memiliki implikasi pada model pembeljaran discovery leraning sehingga pentingnya inovasi dalam proses pembelajaran untuk melibatkan siswa secara aktif, yang dapat memberikan masukan kepada guru agar mpdel pemebelajaran pada pelajaran ekonomi lebih efektif dengan menggabungkan teori dan praktik dalam kehidupan sehari hari. Peneliti masa depan disarankan untuk mengkaji pengarauh model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan kemandirian siswa dengan melibatkan variabel lain seperti motivasi dan gaya belajar individu.
Downloads
References
Afandi, A., Siregar, I., & Indriani, L. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Mahasiswa di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Satya Widya, 38(1), 57-67. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p57-67
Amaliyah, F., Sukestiyarno, Y. L., & Asikin, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/350
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test Dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New Siga di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung (Evaluation of Pre-Test and Post-Test Scores of New Siga Technical Trainees at the Representatives of BKKBN in Lampung Province). Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266
Enteding, A. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Whatsaap Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.296
Gusnita., Melisa., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSQ). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 286-296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Iffanasari, N., Syafrizal, & Husnani. (2023). Faktor penyebab rendahnya karakter mandiri siswa dalam proses pembelajaran. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(01). https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.140
Junaila, S., & Yerizon. (2021). The Efforts to Improve Mathematical Communication and Self Regulated Learning of Students by Using the Guided Discovery Method in Class x. is3 sman 2 sungai limau. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1), 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012043
Mahdalena. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 pada SDN Binuang 4 dan SDN Binuang 8 di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin dalam Pelajaran IPA). Kindai: Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 18(2), 332-351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803
Mita, Sulistri, E., & Mertika. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 12 Singkawang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 430-435. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8647
Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function dengan Memanfaatkan Matlab dan Minitab 19. Semnas Ristek: Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi, 7(1), 7-12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama dan Kebudayaan, 7(1), 206-231.
Rahmawati, Titisari, K. H., & Pawenang, S. (2021). Learning Interest, Achievement Motivation, Learning Style, and Self Reliance of Learning Effect on Student Achievement at SMP Batik Surakarta. IJEBAR: International Lournal of Economics, Business and Accounting Research, 5(3), 1974-1984. https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i3.3095
Saepuloh, D. (2018). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Smk Lab Business School Tangerang). JIPIS: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 27(1), 33--50.
Saepuloh, D. (2019). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Bimbingan Belajar (Studi pada SMA Negeri 10 Kota Tangerang). Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 1(1), 46-62. https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i1.77
Saota, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Satu Atap Aramo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1) 15-22. https://doi.org/10.57094/jpe.v5i1.1462
Sari, A., Khoiriyah, M., & Ikrom, F. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Sekolah Dasar. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1, (2), 445-452. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3021
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Setiawan, S. (2021). Using Kit for Kids at Discovery Learning Model to Increase Interest Toward Science Elementary School Students. Primryedu: Journal of Elementary Education, 5(2), 176-186. https://doi.org/10.22460/pej.v5i2.2745
Simamora, R. E., & Siagian, M. V. (2021). Penerapan Model Guided-Discovery Learning (GDL) dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra pada Topik Geometri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(11), 576–581.
Sitorus, E. R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Kompetensi Dasar Listrik Statis Kelas IX SMP Negeri 131 Jakarta Tahun Pelajaran 2019-2020. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 57-64.
Soesilo, T. D., Kristin, F., & Setyorini. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik di SMA dan SMK Kota Salatiga. Satya Widya, 37(2), 79-91. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i2.p79-91
Sutrisno., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580-590. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2804
Suyantana, I. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Persegi di Kelas XI (TKJ) SMK Negeri 2 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 34-40. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.126
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.
Wardani, E. I., Noviani, L., & Sangka, K. (2023). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 66-71. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p66
Zannah, S. N., Subagiyo, L., & Damayanti, P. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 183–192. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Melinda, Dadang Saepuloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.