Pengaruh Media Pembelajaran Whatsaap Terhadap Minat Belajar Peserta Didik

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.296

Authors

  • Almustari A Enteding Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Media, Pembelajaran, WhatsApp, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran WhatsApp Terhadap Minat  Belajar Peserta Didik  kelas III di SD Negeri Hanga-Hanga Kabupaten Banggai. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat  belajar. Analisis yang digunakan adalah uji t signifikansi. berdasarkan hasil analisa data yang telah dirumuskan menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel dalam Hal ini nilai  thitung = -3,6864. Dengan derajat  kebebasan (db) = 20 – 1 = 19 dan taraf signifikansi  0,05 = 1,73 sehingga, thitung  kurang  dari pada  ttabel atau -3,6864 < 1,73 maka tidak ada pengaruh yang terjadi atau tidak signifikan sehingga dapat disimpulkan tidak adanya Pengaruh media pembelajaran WhatsApp Terhadap minat belajar peserta didik kelas III di SD  Negeri  Hanga-Hanga Kabupaten Banggai. Dengan demikian hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaby, Muhammad Awin. 2020. Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Junaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 03. No. 02. ISSN: 265-0913 (Online), hal: 273-289.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayat, P. W. & Djamilah, B. W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Peserta didik dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 13, No. 1, Hal. 63-75.

Kountul, Yuni Kartika & Wibowo, Edy. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Sparkol Videoscribepada Materi Lingkaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear: Jurnal IlmuPendidikan. p-ISSN: 2549-8657. Volume 5, Nomor 2, Oktober 2021. e-ISSN: 2776-3463. DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.207.

Lubis, E, E & Rusni A. 2017. Penggunaan Media Online WhatsApp Dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (Odoj) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer di Kota Pekanbaru.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Peneltian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.

Sahidillah, M. W., & Miftahurriqi, P. 2019. WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Peserta didik. Jurnal varia pendidikan, vol. 31, no. 1, juni 2019: 52-57.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyawati, Theresia Endang. 2020. Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume: 01 No.01 2020. Hal. 33-43.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) Hal. 73-82.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Enteding, A. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Whatsaap Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.296

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.