PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.154
Keywords:
MMP, Kemampuan Pemahaman Prosedural MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematis Project (MMP) dengan mengukur perbedaan kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematis Project (MMP) dan kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Berdasarkan hasil penlitian didapatkan bahwa kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dari hasil perhitungan menggunakan uji F ANACOVA diperoleh = 14,06 lebih dari = 4,08 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat bebas pembilang = 1 dan derajat bebas penyebut = 39. Dengan demikian hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diterima.
Downloads
References
Arifin, Z. M. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII MTS Yasi Kronggen Brati Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang [online], tersedia: http://library. walisongo.ac.id/digilib/download.php? id=21118. Diakses 27 Mei 2019.
Lestari, K.E., Yudhanegara, M.K. (2015). Penelitian pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Malino, V. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi limit fungsi di kelas XI IPA 3 semester 2 SMA Negeri 2 Luwuk. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk. Tidak dipublikasikan.
Rohani, A. (2004). Pengelolaan pengajaran dikelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rendi Hadian A. Tamagola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.