Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Aljabar

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418

Authors

  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Deslianti Y Buek Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Operasi Hitung Aljabar

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran matematika dan membuat siswa mudah dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Namun, kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa SMP Negeri 2 Batui Selatan masih dalam kategori rendah, khususnya pada materi operasi hitung aljabar. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep  matematis siswa dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 2 Batui Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajidan data, dan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang. Indikator kemampuan pemahaman konsep dalam penelitian ini yaitu: 1) menyatakan ulang sebuh konsep, 2) mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, dan 3) mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemapuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep dalam kategori sangat baik. Akan tetapi, walaupun kemampuan pemahaman konsepnya dalam kategori sangat baik, ada satu indikator yang tidak dipenuhi yaitu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep dalam kategori cukup baik. Kemudian siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep dalam kategori sangat kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiska, D. P., Fathurrohman, M., & Khaerrunnisa, E. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, (1)1, 64-75. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/8130.

Anggraeni, F. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1), 14-20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas 2 Sekolah Dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073.

Ferdianto, F., & Ghanny, (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal Euclid, 1(1), 47-5. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/8/7.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010.

Moleong, L. J. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurdiansyah, R., Turmudi., & Jupri, A. (2017). Analysis of Standard Process Implementation on Micro Teaching of Mathematics Education Students. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 277-286. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.17253.

Piyanto. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas 7 Di MTs Manbaul Islam Soko Kabupaten Tuban. Tesis. IKIP PGRI Bojonegoro.

Prianto, A. (2014). Kajian Materi Aljabar Dan Komunikasi Matematis. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 2(2), 1-8.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.

Sudane, I. W., & Saadjad, A. S. R. (2021). Kontribusi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi SPLDV. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 159-173. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.208.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Encana.

Yuliana, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51.

Yusrina, S. L., & Masriyah. (2019). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 472-479.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sudane, I. W., & Buek, D. Y. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.