MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.160

Authors

  • Edy Wibowo Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Metode Penemuan Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Luwuk dengan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Luwuk yang berjumlah 28 peserta didik. Tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang terdiri tiga indikator, yaitu (1) menyatakan ulang  sebuah konsep, (2) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma kedalam pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas VII F melalui tes pemahaman konsep matematika. Pada siklus I terlihat bahwa nilai rata-rata kelas adalah sebesar 73,36 dan meningkat menjadi sebesar 90,42 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran matematika pada materi segitiga, karena dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Carin A.A. 1993. Guided Discovery Activities for Elementary School Science. New York. Merrill, an Imprint of Macmillan Publishing Company.

Darussholah. 2011. Aplikasi Metode Penemuan Terbimbing. http://darussholahjember. blogspot. com/2011/05/aplikasi metode penemuan terbimbing. (online). Diakses tanggal 25 Januari 2017.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Herman, T. 2004. Mengajar dan Belajar Matematika dengan Pemahaman. Jurnal Mimbar Pendidikan No.1. Bandung: University Press UPI.

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press.

Kusumawati, N. 2008. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Metode Inkuiri siswa kelas VIII Negeri 1 Jetis. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

Roestiyah, NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Satyawati, N. N. S. B. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(2).

Sutrisno, E. 2012. Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal pendidikan matematika, 1(4).

Tim Yustisia. 2017. Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Wibowo, E. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.160

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.