KONTRIBUSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SPLDV

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.208

Authors

  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Amych Sharaditha R Saadjad Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Konsep, Pemecahan Masalah, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV.di kelas X SMAlNegeri 2 Luwuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai teknik awal untuk mengamati secara langsung mengenai permasalahan yang diteliti, dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan pemahaman konsep matematis dan data kemampuan pemecahan masalah matematisTeknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = 0,6901 bernilai positif. Hal ini menunjukkan kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV di kelas X SMA Negeri 2 Luwuk adalah positif dan berada pada interprestasi antara 0,60 – 0,799 yang dimaknai dengan tingkat kontribusi kuat. Adapun Nilai KD = 47,62% menunjukkan besar kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV di kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Sedangkan nilai thitung = 4,156. Dengan derajat kebebasan (db) = 21-2 = 19 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,093 sehingga thitung > ttabel atau 4,156 > 2,093 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan artinya hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran Yahya. 2018. Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 1 Majane.Jurnal Pendidikan Vol. 14 (1).

Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP melalui penemuan terbimbing berbantu software geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1): 1-9.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). 2013. Adding t Up: Helping Children Learn Mathematic. Washington, DC: National Academy Press.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. 2018. Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras, 1(3), 415–426.https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.415-426.

Nadya Chyntia Khairunnisa. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 546-554.

Nuria Juwita. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model inkuiri Pada Siswa SMP. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 1-149.

Santi Selvia, Tetin Rochmatin, Luvy Sylviana Zanthy, 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 (5).

Sri, Hartati., lham, Abdullah., & Saleh, Haji. 2017. Pengaruh Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal of Mathematics Education,Sciene and Technologi. Vol 2(1), 43-72.

Sujiati, A. 2012. Pemberian Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Proses Berpikir Siswa.Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutarto Hadi & Maidatina Umi Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 (1)

Winarti, D. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 6(6), 1-9.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP, 1(3), 445–452.

Yuliana. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Melalui Strategi inkuiri, 1(2) 673-678.

Yuliana smawati. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Siswa Berkemampuan Tinggi Di Kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Tingkat Kesukaran Soal. Jurnal Pendidikan. Vol 2.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Sudane, I. W. ., & Saadjad, A. S. R. (2021). KONTRIBUSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SPLDV. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 159–173. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.208

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.