ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.146

Authors

  • Elok Faik Khotun Nihayah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematika, Karakteristik Cara Berpikir

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif-eksporatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa berbeda-beda. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Abstrak (AA) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat baik dan mendapatkan hasil tes 95.06. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Sekuensial Konkret (SK) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori baik dan mendapatkan hasil tes 84.72. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Sekuensial Abstrak (SA) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat kurang dan mendapatkan hasil tes 35.55. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Konkret (AK) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori cukup dan mendapatkan hasil tes 56.94. Olehnya itu, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Abstrak (AA) dan Sekuensial Konkret (SK) lebih baik kemampuan pemecahan masalahnya dibandingkan dengan siswa yang berkarakteristik cara berpikir Sekuensial Abstrak (SK) dan Acak Konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Budhiharti, S. J. & Suyitno, H. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Karakter Kreatif dalam Pembelajaran MEA Berbantuan Modul Scientific. UMJER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (1), 38 – 47.

Danar. Mardiyana. Subanti, S. 2015. Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3 (2), ISSN:2339-1685.

DePorter, B. & M. Hernacki. 2008. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2).

Husna, M. & Fatimah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81 – 92.

Lestanti, M. M., Isnarto. Supriyono. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model ProblemBasedLearning. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (1), 16 – 23.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Rianti, Resmi. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (4), 802 – 812.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RAJA GRAFINDO PERSADA.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1),90 – 96.

Zollinger, S. W. & B. Martinson. 2010. Do AllDesigners Think Alike? What Research HasTo Say. Institute for Learning Styles Journal, 1 (Spring): 1-15. Tersedia dihttp://www.auburn.edu/academic/education/ilsrj/PreviousIssues/PDFs/Spring2010.pdf [diakses 10-01-2019].

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Nihayah, E. F. K. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 80–94. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.146

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.