ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT PADA KELAS VIIF DI SMP NEGERI 1 LUWUK
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i2.90
Keywords:
Pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada kelas VII F di SMP Negeri 1 Luwuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yang dikategorikan berdasarkan hasil tes yaitu peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk menyelesaikan soal garis dan sudut; 1) peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecah masalah, 2) peserta didik dengan kemampuan sedang mampu menyatakan ulang sebuah konsep akan tetapi kurang tepat dalam mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, kurang tepat dalam memberikan contoh dan bukan contoh dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecah masalah, dan 3) peserta didik dengan kategori rendah kurang tepat dalam menyatakan ulang sebuah konsep, kurang tepat dalam mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, dan kurang tepat dalam memberikan contoh dan bukan contoh serta mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecah masalah.








