PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNTIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KALKULUS DITINJAU DARI LEVEL EFIKASI DIRI
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.87
Keywords:
Efikasi Diri, Pemahaman Konsep, KalkulusAbstract
Telah dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk
mengidentifikasikan dan mendeskripsikan profil pemahaman konsep mahasiswa program studi
pendidikan matematika FKIP Untika Luwuk dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus ditinjau dari level
efikasi diri tinggi dan level efikasi diri rendah. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan memberikan tes diagnostik kepada setiap subjek yang mengacu pada indikator
pemahaman konsep. Hasil pekerjaan setiap subjek kemudian diverifikasi oleh peneliti melalui teknik
wawancara berdasaran level efikasi diri. Karakteristik pemahaman konsep subjek dipelajari melalui
interpretasi atau representasi subjek dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode yaitu, dengan memadukan
antara teknik tes dan wawancara. Data yang terkumpul melalui kedua teknik tersebut kemudian
ditinjau kekonsistensiannya. Data yang konsisiten adalah data yang valid, sehingga dapat dilanjutkan
dengan proses analisis data. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa subjek yang teridentifikasi level
efikasi diri tinggi cenderung memiliki pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus.
Sedangkan subjek yang teridentifikasi level efikasi diri rendah tidak memiliki pemahaman kosep
dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus. Temuan penelitian ini memperkuat temuan terdahulu
bahwa efikasi diri akan mempengaruhi proses motivasi seseorang, yaitu setelah orang tersebut tahu
dan yakin akan kemampuannya, mereka merasa mampu melaksanakan tugasnya, maka motivasinya
juga akan lebih kuat dalam menyelesaikan tugas tersebut.