Kontribusi Disposisi Matematis Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP Negeri 2 Liang

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.355

Authors

  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Hasman Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Sukma S Salino Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Disposisi Matematis, Konsep Diri

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disposisi matematika dan konsep diri peserta didik, sehingga perlunya peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kontribusi disposisi matematika terhadap konsep diri peserta didik SMP Negeri 2 Liang, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket. Analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hal ini maka di peroleh koefisien korelasi (r)  = atau 36,72% adalah angka positif. Adapun Nilai KD = 13,48% menunjukan besarkontribusi antara Disposisi Matematis dengan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 2 Liang, sebesar 13,48%. Sedangkan nilai thitung = 2,462, dengan derajat kebebasan (db) = 42– 2 = 40 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,02 sehingga, thitung  lebih dari pada  ttabel atau  2,462 > 2,02, maka korelasi yang terjadi adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annajmi, A. (2018). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 1-8.

Baety, S. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP MA'ARI NU 1 PURWOKERTO (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri).

Cresli, E., Tiro, M. A., & Annas, S. (2016). The Influence Of Self Concept, Achievement Motivation, And Learning Style Toward Mathematics Disposition And Mathematics Learning Results Of Grade Xi Students At Sman In Makale City. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(3), 327-338.

Haidi, M. S., & Roniwijaya, P. (2014). Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Alat Ukur Prestasi Siiwa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMKN Negeri PIRI SLEMAN 2013/2014. Jurnal Taman Vokasi, 2(2).

Hasman. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika (suatu studi eksperimen di kelas X SMK Negeri 1 Luwuk)”. Tesis. Program studi pendidikan matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Lagiana, T. (2017). Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV dan V di SD Negeri 2 Grogol Sawoo Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).

Lestari, S., Rukmigarsari, E., & El Walida, S. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(19).

Nurdika, S. A. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Pratiwi, M. E. (2021). Konsep Diri Siswa SMPN 4 Kota Jambi. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Rahmadhani, E. (2018). Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL): Peningkatan Disposisi Matematika dan Self-Confidence Mahasiswa Tadris Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 159-167.

Ridwan. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Journal of Educational Studies Vol, 22(1).

Tobungkong, Natalia. (2018). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Luwuk: FKIP Universitas Tompotika Luwuk

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Wijaya, H. F. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Kelas IV Di Kecamatan Pakenjang Kabupaten GARUT (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Sudane, I. W., Hasman, & Salino, S. S. (2022). Kontribusi Disposisi Matematis Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP Negeri 2 Liang. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 115–123. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.355

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.