Efektivitas Model Pembelajaran REACT Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi

https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.753

Authors

  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Inda Widiarti Hafid Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Windi Bimbel Sigma Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Edy Wibowo Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia

Keywords:

React, CTL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Relasi dan Fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran REACT berbasis pendekatan Contextuall Teaching and Learning (CTL) dalam pemahamani konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pre-eksperimental dimana peneliti bertindak sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA. Indikator yang digunakan meliputi: kemampuan menyatakan ulang konsep, memberikan suatu contoh dan non contoh, dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Dari hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa adalah 85,43, melebihi 75, dan nilai t-hitung sebesar 4,319 lebih besar dari t-tabel 1,703. Sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran REACT berbasis pendekatan Contextuall Teachiing and Learning (CTL) efektif terhadap kemampuan pemahaman  konsep  matematis  pada  materi  relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Mamosalato.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347-358.

Buyung. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan. JERR: Journal of Educational Review and Research, 4(2), 135-140.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika 2(2), 195-206. 10.21274/jtm.2019.2.2.

Dewi, P. Y., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19-26.

Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 118-135.

Feby., & Abadi, A. P. (2019). Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferrin (REACT) Berbasis Etnomatematika. Sesiomedika: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07 (01), 751-765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1515

Hasanah, N., Buchori, A., Prasetyowati, D., & Nursyahidaf, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dan Reciprocal Teaching Berbantuan Game Edukasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 92-101. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.17157

Julkaida. (2021). Analisis Kesulitan dan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 231-238.

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.

Nainggolan, E. P., Pangaribuan, L. P., & Gultom, S. P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bilangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13 (2), 144-151. https://doi.org/10.23887/jppmi.v13i2.3422

Purnamasari, P., Annur, S., & M., A. S. (2016). Pengembangan bahan ajar melalui model pembelajaran REACT pada materi elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209–221. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1006

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1906-1912.

Sihotang, R. S., & Dirgantoro, K. P. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran React Dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Fungsi Invers. Jurnal Pedegogik, 7(1), 61-72. https://doi.org/10.35974/jpd.v71.3256

Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi REACT Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 423-430.

Susilo, D., Mairing, J. P., & Yumiati. (2022). Penerapan Pembelajaran Berstrategi React Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK: The Application Of React Strategy Learning With A Contextual Approach In The Achievement Of Mathematic Communication Abilities Of Vocational School Students. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 10–21. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3558

Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Whatsapp. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2683-2695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907

Yasinta, P., Meirista, E., & Taufik, A. R. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Asimtot: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 129-138. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Suyantana, I. N., Hafid, I. W., Windi, & Wibowo, E. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran REACT Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 81=91. https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.753

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.