ANALISIS COGNITIVE CONFLICT TERHADAP CONCEPTUAL CHANGE PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LUWUK PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i2.91
Keywords:
Konflik Kognitif, Dinamika PartikelAbstract
Telah dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menganalisis konflik kognitif dan perubahan konseptual yang terjadi pada peserta didik. Sebagaimana pertanyaan penelitian ini yaitu, Apakah pembelajaran yang melibatkan strategi Cognitive Conflict (konflik kognitif) dapat menghadirkan Conceptual Change (Perubahan Konseptual) bagi peserta didik?, Bagaimana konflik kognitif tersebut berperan dalam mempengaruhi munculnya Conceptual Change (Perubahan Konseptual) peserta didik?. Sebagaimana hasil dalam penelitian ini bahwa Perubahan konseptual terjadi setelah menggunakan Strategi Konflik Kognitif, yakni ketika Subjek mampu menegosiasi konsep baru yang mereka peroleh lewat kegiatan eksperimen berupa percobaan bidang miring Galileo sebagai sebuah fakta ilmiah. Lewat pembelajaran strategi konflik kognitif, berdasarkan kegiatan percobaan bidang miring Galileo yang melibatkan fakta-fakta ilmiah tersebut subjek dapat memaknai munculnya konstruksi skema asimilasi yang baru dan akhirnya terakomodasi. Syarat munculnya perubahan konseptual yaitu intelligible (dimengerti), plausible (masuk akal), dan fruitful (bermanfaat), subjek dapat memahami bahwa percobaan bidang miring yang dilakukan tersebut memberikan suatu pengalaman dan pemahaman baru dalam epistemologis mereka.