PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.209

Authors

  • Ellyas Palalas Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Alat Peraga, Komunikasi Matematika

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 7 Bunta Kabupaten Banggai.Sampel yaitu Kelas VIII dengan jumlah 31 orang. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I dan II melalui pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga di peroleh pada siklus 1 hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran sebesar 74,44% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 96,67%. Hasil observasi aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran pada siklus I mencapai 70% pada siklus II naik menjadi 98,33% dan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika siklus I memperoleh 66,26 meningkat pada sikus II menjadi 89,04. Hasil analisis skor langkah-langkah hasil tes kemampuan Komunikasi Matematika siswa pada siklus I diperoleh 63,40% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,59%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 7 Bunta Kabupaten Banggai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran. Kontekstual. Bandung: Irama Wijaya.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cucu, Suhana. 2014. Konsep Startegi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Deswita, Dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE Melalui Pembelajaran Saintific. Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Edumatika) Vol. 1 no. 1. 2018. Online.

https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/220.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implemntasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran.. Jakarta. Kemendikbud.

Kusumah, Wijaya., & Dwitagama, Dedi. 20211. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi 2. Jakarta: PT. Indeks.

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sartika, dkk. 2017. Penerapan Pendekatan Kontekstual berbantuan alat Peraga Untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol.6. No 2. 2017. Online.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18392.

Setyawati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Online. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano.

Yuniarti, Yeni. 2016. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Eduhumaniora. Kampus UPI di Cibiru.

https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/4575.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Palalas, E. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 174–181. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.209

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.