ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.161

Authors

  • Saipul Bachri S Lajiba Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematika, Gaya Belajar, Logika Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil angket dan penggolongan gaya belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui instrument tes, instrument non tes, dan wawancara. Analisis tes kemampuan penalaran matematika dan wawancara mengacu pada indikator kemampuan penalaran matematika yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi, namun masih kurang dalam menarik kesimpulan suatu pernyataan, (2) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan suatu pernyataan, dan (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik cukup baik untuk indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan sangat baik dalam menarik kesimpulan dari suatu pernyataan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, A. M. S, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Anintyah, Y. A. 2016.” Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Viii Pada Model Pembelajaran Resource Based Learning”. Skripsi. FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Angga, Setyawan. 2018. “Penalaran Dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bangun Datar Kelas VII MTS Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Jawa timur.

Dewi, N. Putriana. (2014). “Analisis Penalaran Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X-A Di MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun 2013/2014 Materi Jarak Dalam Ruang Dimensi Tiga”. Skripsi. FTIK, Institut Agama Islam Negeri Tulungangung, Tulungagung.

Giarto, Nindy. 2016. “Analisis Kemampuan Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematis Siswa SMP Negeri 1 Sidareja”. Skripsi. FKIP, Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Hardianti, Sitti. 2016. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Logika Matematika Pada Kelas X3 Di SMA NEGERI 1 LUWUK”. Skripsi. FKIP, Universitas Tompotika Luwuk, Luwuk.

Karim, Abdul. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. ISSN : 2088-351X. FORMATIF, 4(3), 1-8.

Lasarus, Marlyn.2017. Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIIISMP NEGERI 1 RANTEPAO. Pendidikan Matematika, 4(3), 1033-1045.

Lestari, I. W. 2014.“Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Matematika Siswa XI-TO1 di SMK MA’ARIF 1 KROYA”.Skripsi.FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Marsela, 2016.” Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas X Terhadap MataPelajaran Biologi SMA Negeri 5 Bandar Lampung 2015/2016”. Skripsi.FKIP, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Nurhidayah, D. A. 2015. Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMP. Dimensi pendidikan dan pembelajaran, 3(3), 13-24.

Permana, A. D. I. 2016. Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif, 6(3), 276-283.

Purmadi, Ari & Surjono, H. D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika.Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151-165. Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp. Diakses pada 20 januari 2020.

Safitri. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Program Unggulan di MAN 1 Kota Malang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik, Malang.

Septi Ratnasari. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kela Vii Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Setting Pembelajaran Probing Prompting. Skipsi. Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Setiawan. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Itqan, VI(2), 1-15.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan matematika, 5(1), 1-10.

Untari, E. 2015. Korelasi Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Organisasi Sekolah dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015, XV(2), 41-54.

Utami, M. G., & Meliasari. 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. ISSN: 2581-0812 .Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta.

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Lajiba, S. B. S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 11–24. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.161

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.