PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI GROUP RESUME PADA SISWA KELAS VII MTS N LUWUK PADA POKOK BAHASAN SEGI TIGA
https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i1.104
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Strategi Group Resume, dan Peningkatan KreativitasAbstract
Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kreativitas matematika peserta didik pada materi segitiga melalui strategi group resume . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dalampelaksanaannya peneliti berkolaborasi dengan guru kelas untuk bersama-sama melakukan penelitian, dalam hal ini peneliti menyediakan semua perangkat yang digunakan untuk penelitian. Guru kelas tetap menjalankan perannya sebagai guru bidang studi, melakukan evaluasi dan mengobservasi kegiatan peserta didik di kelas selama PBM berlangsung. Ada dua siklus yang dilakukan dalam penelitian. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahap, meliputi: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada kedua tahapan siklus yang telah dilaksanakan, terlihat adanya peningkatan angka presentase hasil evaluasi peserta didik dari sebelum pelaksanaan tindakan, baik siklus pertama maupun siklus kedua,Presentase nilai evaluasi peserta didik dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai dengan akhir pelaksanaan tindakan secara keseluruhan terjadi peningkatan dengan ketuntasan belajar97.61 %.Dengan kata lain prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matemática termasuk kategori sangat baik.