Deskripsi Pemahaman Peserta Didik dalam Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Bergotong Royong
https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.584
Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Gotong RoyongAbstract
Peneliti mendapati bahwa ada beberapa peserta didik yang belum memahami profil pelajar pancasila yang diterapkan. Oleh karena itu, melalui penerapan profil pelajar pancasila pada peserta didik, peserta didik akan mampu memahami, menghayati dan melaksanakan nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pemahaman peserta didik pada dimensi bergotong royong dalam profil pelajar pancasila. Penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Luwuk. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dimensi bergotong royong dalam profil pelajar pancasila sudah diterapkan, peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama di lingkungan sekolah serta memberi semangat kepada teman lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama, tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan sekolah serta mengupayakan hal yang dianggap penting dan berharga kepada temannya di lingkungan sekolah yang membutuhkan bantuan. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat memahami dan menerapkan profil pelajar pancasila pada dimensi bergotong royong di SMP Negeri 3 Luwuk. Nilai karakter gotong-royong sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena peserta didik yang tidak memiliki pengalaman berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong akan berdampak kurang baik terhadap perilaku di lingkungan sosialnya.
Downloads
References
Anjarwati, A., Az-Zahra, P. F., Putri, M. K., & Putri, T. F. (2023). Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian. Jurnal Pendidikan, 32(2), 283–290. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–12. https://doii.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650.
Haryati, S. (2022). Buku dalam Bidang Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84-94. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224– 1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Karuna, K., Serpara, H., & Delsen, J. N. V. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Era Society 5.0. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 15–23. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.15-23.
Muhdhor, M., Nafiah, N., Akhwani, A., & Susanto, R. U. (2023). Implementasi LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabaya. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 774–780. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1461.
Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638–1645. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5515.
Okpatrioka., Sari, B. G. M., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(3), 105–118. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379.
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260.
Rahayu, K. W., Khosiyono, B. H. C., Astuti, D., Hadiputra, D., & Wicaksono, S. P. (2023). Membangun Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong-Royong Melalui Ajaran Tamansiswa, Ngerti, Ngrasa, Nglakoni. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Yogyakarta, 26 Agustus 2023.
Rosali, D. F., Talib., & Asdar. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori Apos Pada Siswa Kelas XII SMA. Imed: Issues in Mathematic Education, 3(1), 49 – 57. https://doi.org/10.35580/imed10735.
Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289–5295. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202.
Trisnawati, W., Putra, R., & Balti, L. (2022). Tinjauan Aksiologi pada Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 286–294. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.985.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.
Zuchdi, D. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Hasanah, Almustari Enteding, M Jayadin Ilham, Spentri Tahengo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.