Peran Kedisiplinan dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Sains
https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.885
Keywords:
Kedisiplinan, Karakter, Mahasiswa SainsAbstract
Kedisiplinan berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa sains yang mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas. Namun, banyak mahasiswa masih menghadapi tantangan dalam menerapkan disiplin, seperti kurangnya ketepatan waktu, rendahnya kepatuhan terhadap aturan akademik, serta minimnya kesadaran akan tanggung jawab akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kedisiplinan dalam membentuk karakter mahasiswa sains di Universitas Tompotika Luwuk. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan mahasiswa masih rendah, terutama dalam kepatuhan terhadap aturan akademik dan konsistensi dalam menyelesaikan tugas. Faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan meliputi lemahnya kontrol akademik, minimnya keteladanan dari dosen, serta kurangnya motivasi internal mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif, seperti peningkatan pengawasan, pembiasaan yang konsisten, serta pendekatan berbasis komunitas untuk membentuk karakter disiplin mahasiswa secara optimal.
Downloads
References
Agus, A. H., & Denis, M. K. (2025). Integrasi Anger Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri: Solusi terhadap Tantangan Kedisiplinan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2249–2258. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6923
Enteding, A. A. (2021). Pengaruh Disiplin Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Batui Kabupaten Banggai. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i2.88
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014
Fauziah, F., & Irman, I. (2024). Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pembinaan Kedisiplinan di UPT SMPN 2 X Koto. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 124–133. https://doi.org/10.33627/gw.v7i1.1621
Hart, P. (2022). Reinventing Character Education: The Potential for Participatory Character Education Using Macintyre’s Ethics. Journal of Curriculum Studies. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00220272.2021.1998640
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23614
Lamb, M., Dykhuis, E. M., Mendonça, S. E., & Jayawickreme, E. (2022). Commencing Character: A Case Study of Character Development in College. Journal of Moral Education, 51(2), 238–260. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1953451
Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207
Mentari, A., Yanzi, H., & Putri, D. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Kultur Demokrasi, 10(1), 1-8.
Muhibah, S. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Serang Raya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), 54–69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683
Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity and Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1
Nurhayati, A., Yunus, M., & Rahmania, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 159–166. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3825
Rasyid, A. T., Ridha, R., Hajar, A., Armita, S., & Saputra, F. T. (2023). Peran Dosen dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2742–2753. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1802
Ratnaningtyas, E. M., Ramli., Syafruddin., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin., Aminy, M. H., Saputra, N., Haidir., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhaammad Zaini.
Rifa’i, T. (2020). Strategi Pengembangan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Nuriddahlani Tarokan Banyuanyar Probolinggo. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 181–196. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.26
Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2293
Rusydayana, L. S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.
Sari, L. A. A., Rahayu, S., & Sesanti, N. R. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Gunungsari. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 7(1), 99-106.
Ubaidillah, M., Abas, E., Supriyanto, A., Jalil, M. A., Dahlan, M. Z., & Solong, N. P. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Mayjen Sungkono. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12996–13002. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8455
Wafa, H. M. A. (2024). Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Agama Islam di Perguruan Tinggi. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.527
Wahyuni, S., Faijin., & Sarbudin. (2020). Implementasi Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self Control pada Peserta Didik. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.33627/gw.v3i1.275
Zulfan, M. A., & Misriandi. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i2.783
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mukhlish A. Laadi, Andi Asmar, Noprianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








