Peran Kedisiplinan dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Sains

https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.885

Authors

  • Mukhlish Laadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Andi Asmar Pendidikan Fisika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Noprianto Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Kedisiplinan, Karakter, Mahasiswa Sains

Abstract

Kedisiplinan berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa sains yang mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas. Namun, banyak mahasiswa masih menghadapi tantangan dalam menerapkan disiplin, seperti kurangnya ketepatan waktu, rendahnya kepatuhan terhadap aturan akademik, serta minimnya kesadaran akan tanggung jawab akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kedisiplinan dalam membentuk karakter mahasiswa sains di Universitas Tompotika Luwuk. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan mahasiswa masih rendah, terutama dalam kepatuhan terhadap aturan akademik dan konsistensi dalam menyelesaikan tugas. Faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan meliputi lemahnya kontrol akademik, minimnya keteladanan dari dosen, serta kurangnya motivasi internal mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif, seperti peningkatan pengawasan, pembiasaan yang konsisten, serta pendekatan berbasis komunitas untuk membentuk karakter disiplin mahasiswa secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, A. H., & Denis, M. K. (2025). Integrasi Anger Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri: Solusi terhadap Tantangan Kedisiplinan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2249–2258. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6923

Enteding, A. A. (2021). Pengaruh Disiplin Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Batui Kabupaten Banggai. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i2.88

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Fauziah, F., & Irman, I. (2024). Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pembinaan Kedisiplinan di UPT SMPN 2 X Koto. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 124–133. https://doi.org/10.33627/gw.v7i1.1621

Hart, P. (2022). Reinventing Character Education: The Potential for Participatory Character Education Using Macintyre’s Ethics. Journal of Curriculum Studies. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00220272.2021.1998640

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23614

Lamb, M., Dykhuis, E. M., Mendonça, S. E., & Jayawickreme, E. (2022). Commencing Character: A Case Study of Character Development in College. Journal of Moral Education, 51(2), 238–260. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1953451

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Mentari, A., Yanzi, H., & Putri, D. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Kultur Demokrasi, 10(1), 1-8.

Muhibah, S. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Serang Raya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), 54–69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683

Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity and Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1

Nurhayati, A., Yunus, M., & Rahmania, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Nilai Karakter Kepedulian Sosial dan Kedisiplinan Siswa Generasi Alpha di Sekolah Dasar Negeri Baraya II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 159–166. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3825

Rasyid, A. T., Ridha, R., Hajar, A., Armita, S., & Saputra, F. T. (2023). Peran Dosen dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2742–2753. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1802

Ratnaningtyas, E. M., Ramli., Syafruddin., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin., Aminy, M. H., Saputra, N., Haidir., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhaammad Zaini.

Rifa’i, T. (2020). Strategi Pengembangan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Nuriddahlani Tarokan Banyuanyar Probolinggo. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 181–196. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.26

Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2293

Rusydayana, L. S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Sari, L. A. A., Rahayu, S., & Sesanti, N. R. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Gunungsari. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 7(1), 99-106.

Ubaidillah, M., Abas, E., Supriyanto, A., Jalil, M. A., Dahlan, M. Z., & Solong, N. P. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Mayjen Sungkono. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12996–13002. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8455

Wafa, H. M. A. (2024). Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Agama Islam di Perguruan Tinggi. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.527

Wahyuni, S., Faijin., & Sarbudin. (2020). Implementasi Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self Control pada Peserta Didik. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.33627/gw.v3i1.275

Zulfan, M. A., & Misriandi. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i2.783

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Laadi, M., Asmar, A., & Noprianto. (2025). Peran Kedisiplinan dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Sains. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 49–62. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.885

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.