Perbedaan Kemampuan Kalkulus dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kalkulus Berdasarkan Gender

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.406

Authors

  • Melinda Yanuar Pendidikan Matematika, Universitas Banten Jaya

Keywords:

Kalkulus, Gender, Persepsi

Abstract

Kalkulus dianggap sebagai Mata Kuliah yang sulit bagi mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan Kalkulus berdasarkan gender dengan menggunakan uji statistik, serta melihat persepsi keduanya terhadap Kalkulus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney-U diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata mahasiswa perempuan & nilai rata-rata mahasiswa laki-laki, yang artinya kemampuan Kalkulus mahasiswa perempuan lebih baik daripada kemampuan Kalkulus mahasiswa laki-laki. Hal ini sejalan dengan hasil analisis terhadap angket persepsi mahasiswa terhadap Kalkulus yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa perempuan terhadap Kalkulus lebih baik daripada persepsi mahasiswa laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, & Jender, 12(1), 14–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511.

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano:Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601.

Dinan, S. E. (2016). How gender Differences shape student success in Honors. Journal of the National Collegiate Honors Council Online Archive, 17(1), 289–304. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1104387.pdf.

Feriyanto, F. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 90–97. http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/381

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619.

Iswahyudi, G. (2012). Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung Ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Prodi Pendidikan Matematika UNS.

Khasanah, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jetis. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 413–418.

Kleinherenbrink, A. V. (2016). The politics of plasticity: sex and gender in the 21st century brain. In Thesis, fully internal. Universiteit van Amsterdam.

Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif, 3(1), 49–60.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica, 9(1), 1–7.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula (11th ed.).

Riswandha, H. S., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Pada Mata Pelajaran Matematika, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208.

Salmina, M., & Syarifah, K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48.

Stockemer, D. (2019). Quantitative Methods for the Social Sciences. In Quantitative Methods for the Social Sciences. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-99118-4.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10–23.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Yanuar, M. . (2023). Perbedaan Kemampuan Kalkulus dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kalkulus Berdasarkan Gender. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.406