DEVELOPING SPEAKING SKILL THROUGH CLT IN AN EFL CLASSROOM: PROBLEMS, INSTRUCTIONAL MATERIALS, AND IMPLICATIONS

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.124

Authors

  • Muh Rafii Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

pengajaran bahasa komunikatif, pengembangan berbicara, materi ajar

Abstract

Penelitian ini berupaya menerapkan Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT) guna mengembangkan keterampilan berbicara diantara pembelajar Bahasa Inggris di tingkat Universitas. Penggunaan Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT), khususnya yang terkait pengembangan kemampuan berbicara mahasiswa sangat cocok digunakan di ruang kelas. Dalam Penelitian ini, data diperoleh melalui angket untuk menemukan masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 20 mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berasal dari satu kelas.  Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan menghitung jumlah respon yang diberikan oleh mahasiswa, kemudian dipresentasikan dalam persen. Tujuan penelitian ini adalah penyelidikan terhadap masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa, serta mengembangkan keterampilan berbicara dengan mendesain materi pembelajaran dalam aktifitas di ruang kelas dengan mengadopsi prinsip-prinsip CLT. Bagian terakhir studi ini adalah memberikan implikasi dalam pengajaran berbicara bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-24

How to Cite

Muh Rafii. (2019). DEVELOPING SPEAKING SKILL THROUGH CLT IN AN EFL CLASSROOM: PROBLEMS, INSTRUCTIONAL MATERIALS, AND IMPLICATIONS. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.124

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.