Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester Awal Melalui Penggunanaan Bahan Ajar Berbasis HOTS

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.356

Authors

  • Radiatul Adawiah Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kraetif, Hots

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih rinci tentang kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui penggunaan bahan ajar Higher Order Thinking Skill pada mahasiswa semester dua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Mahasiswa dikatakan mampu apabila skor hasil tes evaluasi mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif matematika mahasiswa melalui pembelajaran berbasis soal HOTS. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar mahasiswa semester awal pada mata kuliah Trigonometri setelah diterapkan pembelajaran berbasis soal HOTS. Mahasiswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 8 orang mahasiswa atau 36,37%, dan tidak tuntas 14 orang mahasiswa atau 63,63%. Pada siklus II mahasiswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan menjadi 19 orang mahasiswa atau 86,36%, dan tidak tuntas belajar 3 orang mahasiswa atau 13,64%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Melalui Penggunaan Alat Media. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 75–86. https://doi.org/10.33659/cip.v8i1.152

Ali, M. (2021). Relevansi Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Pada Mata Pelajaran Fisika Dan Hubungan Dengan Kinerja Individual Pengguna (Studi Kasus Sma Se-Kabupaten Kotabaru). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 39–47. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.37833

Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2020). Optimalisasi Kemampuan Higher Order Thinking Skills Mahamahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.948

Annizar, A. M., & Zahro, F. S. (2020). Proses Berpikir Metafora dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 117–130. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.117-130

Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills pada Mapel PAI dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa di Tingkat SMP. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(1), 103–120.

Kadarisma, G., Sari, I. P., & Senjayawati, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuri Untuk Meningkatkan Hots Mahasiswa Sma Pada Materi Trigonometri. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 239. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3725

Muharrima, F. (2021). Scaffolding Sesuai Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS. 10(3).

Munawaroh, S., Degeng, I. N., & Sitompul, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bilangan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 124–139. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p124

Narita Fifi Zulaikha, Hevy Risqi Maharani, & Mochamad Abdul Basir. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Trigonometri. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 157–174. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2717

Ndiung, S., & Jediut, M. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Yang Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 224–232. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3162

Nirfayanti, Setyawan, D., & Adawiah, R. (2022). Analisis Proses Berpikir Induktif Mahasiswa Sma Dalam. Januari, 10(1), 83–94. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i1.1587

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahamahasiswa melalui Pembelajaran Mood , Understanding , Recall , Detect , Elaborate , and Review Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24.

Ulfah, A., Pasani, C. F., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Mahasiswa Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10405

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahamahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Adawiah, R. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester Awal Melalui Penggunanaan Bahan Ajar Berbasis HOTS. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 65–74. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.356

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.