PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN PANCASILA MELALUI KEGIATAN PKK (PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) DESA BUNGAWON KABUPATEN BANGGAI
https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.156
Keywords:
Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, PKKAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Penghayatan dan Pengamalan Pancasila melalui Kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Desa Bungawon Kabupaten Banggai. Jenis Penelitian deskritif kualitatif, data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Ketuah PKK, Tokoh Agama, dan Masyarakat Desa Bungawon, data diolah dengan teknik reduksi, kategorisasi, verifikasi dan penyajian data. Hasil penelitian yaitu (1) Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa belum terlaksana dengan baik, sebab aturan pemerintah Desa sebagian dilaksanakan sebagaian tidak dilaksanakan faktornya pekerjaan orang tua juga anak-anak menghabiskan waktu bermain. (2) Pembinaan Kesadaran Bela Negara terdapat faktor kenakalan remaja seperti mabuk-mabukan yang membuat masyarakat lainnya terganggu sehingga pemerintah desa kesulitan dalam menciptakan suasana rukun dan damai. (3) Pembinaan Kesadaran Hukum, terjadi pelanggaran hukum seperti pencurian, pemukulan, mabuk mengonsumsi alkohol karena kurang ketegasan pemerintah desa untuk menegur sehingga pelanggaran hukum terjadi pada masyarakat. (4) Penguatan Keluarga terhadap Pola Asuh Anak, orang tua memberikan nasehat yang baik tetapi anak selalu dipengaruhi oleh pergaulan bebas dan orang tua yang lebih banyak waktu bekerja. Maka pengurus PKK diharapkan lebih memahami tugas dan tanggung jawab diemban dan semua pihak saling bekerja sama demi terwujudnya kegiatan PKK yaitu kesejahteraan keluarga sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila.
Downloads
References
Darmawan, Cecep. 2019. Revitalisasi PKn sebagai Pilar Demokrasi dan Nasionalisme di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. disampaikan pada Seminar Nasional PPKn:Palu.
Helmawati. 2017. Pendidikan karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kaelan. 2002. Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Paradigma:Yogyakarta.
-----------. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Paradigma: Yogyakarta.
-----------. 2013. Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Paradigma: Yogyakarta.
Latif, Yudi. 2020. Wawasan Pancasila : Bintang Penuntun Untuk Pembudayaan. Mizan ; Jakarta Selatan.
Moleong. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mulyadi, Dedi. 2014. Internalisasi Nilai-nilai Ideologi Pancasila dalam Dinamika Demokrasi dan Perkembangan Ketatanegaraan Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Sirait, Midian., Mintorahardjo, Sukowaluyo., Sutarno., Darmaputera, Eka., dan hasibuan, Albert. 1997. Membangun Masyarakat Pancasila: Dinamika dan Dilemanya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Soemasdi, Hartati. 1992. Pemikiran Tentang Filsafat Pancasila. Offset: Yogyakarta.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Soegito, AT dkk.2006.Pendidikan Pancasila. UPT MKU UNNES: Semarang.
Tim Penggerak. 2010. Hasil Rapat Kerja Nasional VII. PKK Tahun 2010. Tim Penggerak PKK Pusat: Jakarta.
TAP MPR no II/MPR/1978-5 / 7. Hak dan Kewajiban. PKK PROV. Buku Agenda Harian 1 TP PKK Jateng Tahun 2012.
Triantara, Agus. 2011. Membangun Bangsa Dengan Cahaya Ilmu dan Hidayah Cinta. Jakarta Selatan : Publishing.
UU No. 3 Tahun 2003 tentang Pertahanan Negara.
UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.
Widjaja. 2000. Penerapan Nilai-nilai Pancasila dan HAM di Indonesia. Rineka Cipta: Jakarta.
Winarno. 2006. Paradigma Baru Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi.Bumi Aksara: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nurul Pratiwi Lumi, Ahmadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.