Reaktualisasi Pancasila: Penerapan Media Pancasila Virtual Exhibitions
https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.626
Keywords:
Reaktualisasi Pancasila, Media Virtual ExhibitionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap penggunaan media Pancasila Virtual Exhibitions dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 01 dalam penerapan media Pancasila Virtual Exhibitions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan teknik tes. Media Pancasila Virtual Exhibitions merupakan inovasi media pembelajaran berbasis digital melalui website kunstmatrix tools. Hasil dari penelitian ini adalah pentingnya inovasi media Pancasila Virtual Exhibitions, materi mengenal simbol dan sila Pancasila dalam lambang nasional Garuda Pancasila karena siswa dapat mereaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas IA SDN Tambakaji 01 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi mengenal simbol dan sila Pancasila dalam lambang nasional Garuda Pancasila dari 76,67 menjadi 90 dan terjadi peningkatan siswa di atas KKTP dari 66,67% menjadi 95,83% pasca penggunaan media Pancasila Virtual Exhibitions.
Downloads
References
Alzana, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 51-57. https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 6460–6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130
Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish
Endah, A. P., & Hidayat, S. (2022). Analisis Kebutuhan E-LKPD berbasis HOTS Bermuatan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 175–185. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53979
Estévez, F. M., & Chalmeta, R. (2021). Integrating Sustainable Development Goals in Educational Institutions. The International Journal of Management Education, 19(2). DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100494
Hornstra, L., Mathijssen, A. C. S., Denissen, J. J. A., & Bakx, A. (2023). Academic Motivation of Intellectually Gifted Students and Their Classmates in Regular Primary School Classes: A Multidimensional, Longitudinal, Person and Variable-centered Approach. Learning and Individual Differences, 107. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102345
Nurindah., & Kasman. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1311
Ishaq. (2021). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kencana
Isnaniah., & Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1471/1/012050
Iswan., Ismah., Astriani, L., & Mimah. (2022). Utilization of E-Learning Media the Independence Learning of Elementary School Students. Frontiers in Education Technology, 5(2), 1-17. https://doi.org/10.22158/fet.v5n2p1
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412 – 420
Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Skripsi: Program Studi Teknologi Pendidikan, VI(1), 1–71
Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Nur’aeni, N., & Hasanudin, E. H. I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Berbasis Media Digital Blooket untuk Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Asatiza: Jurnal Pendidikan. Tembilahan, 4(3), 259–273. doi: 10.46963/asatiza.v4i3.982
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran Pancasila Kelas V SD Muhammadiyah Bodon. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398-406. https://doi.org/10.36835/modeling.v10i1.1839
Phan, H. P., Ngu, B. H., Granero-Gallegos, A., & Mensforth, B. P. (2022). Applied Educational Practice and Research Development of Goals of Best Practice’ (GsBP): Philosophical Inquiries and Conceptual Analysis for Consideration. In Heliyon, 8(6). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09689
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. In Jurnal Keindonesiaan, 02,(01)
Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164-168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242
Suardi, W. (2017). Catatan Kecil Mengenai Desain Kualitatif Deskriptif (QD). Jurnal Ekubis, 2(1), 119-129
Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1). https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662
Schubatzky, T., Burde, J. P., Große-Heilmann, R., Haagen-Schützenhöfer, C., Riese, J., & Weiler, D. (2023). Predicting the development of digital media PCK/TPACK: The role of PCK, motivation to use digital media, interest in and previous experience with digital media. Computers and Education, 206. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104900
Sholikhah, A. (2017). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Yuniasih, N., Putri, R. E. N., Nita, C. I. R., & Findawati, Y. (2019). DOMI KALI: Elementary school multiplication learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077084
Zainil, M., Helsa, Y., Sutarsih, C., Nisa, S., Sartono., & Suparman. (2024). A needs analysis on the utilization of learning management systems as blended learning media in elementary school. Journal of Education and E-Learning Research, 11(1), 56–65. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i1.5310
Zulkhairi., Arneliwati., & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 145-157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusriyyah Adibah, Panca Dewi Purwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.