Reaktualisasi Pancasila: Penerapan Media Pancasila Virtual Exhibitions

https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.626

Authors

  • Yusriyyah Adibah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Reaktualisasi Pancasila, Media Virtual Exhibitions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap penggunaan media Pancasila Virtual Exhibitions dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 01 dalam penerapan media Pancasila Virtual Exhibitions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan teknik tes. Media Pancasila Virtual Exhibitions merupakan inovasi media pembelajaran berbasis digital melalui website kunstmatrix tools. Hasil dari penelitian ini adalah pentingnya inovasi media Pancasila Virtual Exhibitions, materi mengenal simbol dan sila Pancasila dalam lambang nasional Garuda Pancasila karena siswa dapat mereaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas IA SDN Tambakaji 01 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi mengenal simbol dan sila Pancasila dalam lambang nasional Garuda Pancasila dari 76,67 menjadi 90 dan terjadi peningkatan siswa di atas KKTP dari 66,67% menjadi 95,83% pasca penggunaan media Pancasila Virtual Exhibitions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzana, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 51-57. https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 6460–6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130

Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish

Endah, A. P., & Hidayat, S. (2022). Analisis Kebutuhan E-LKPD berbasis HOTS Bermuatan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 175–185. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53979

Estévez, F. M., & Chalmeta, R. (2021). Integrating Sustainable Development Goals in Educational Institutions. The International Journal of Management Education, 19(2). DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100494

Hornstra, L., Mathijssen, A. C. S., Denissen, J. J. A., & Bakx, A. (2023). Academic Motivation of Intellectually Gifted Students and Their Classmates in Regular Primary School Classes: A Multidimensional, Longitudinal, Person and Variable-centered Approach. Learning and Individual Differences, 107. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102345

Nurindah., & Kasman. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1311

Ishaq. (2021). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kencana

Isnaniah., & Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1471/1/012050

Iswan., Ismah., Astriani, L., & Mimah. (2022). Utilization of E-Learning Media the Independence Learning of Elementary School Students. Frontiers in Education Technology, 5(2), 1-17. https://doi.org/10.22158/fet.v5n2p1

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412 – 420

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Skripsi: Program Studi Teknologi Pendidikan, VI(1), 1–71

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Nur’aeni, N., & Hasanudin, E. H. I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Berbasis Media Digital Blooket untuk Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Asatiza: Jurnal Pendidikan. Tembilahan, 4(3), 259–273. doi: 10.46963/asatiza.v4i3.982

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran Pancasila Kelas V SD Muhammadiyah Bodon. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398-406. https://doi.org/10.36835/modeling.v10i1.1839

Phan, H. P., Ngu, B. H., Granero-Gallegos, A., & Mensforth, B. P. (2022). Applied Educational Practice and Research Development of Goals of Best Practice’ (GsBP): Philosophical Inquiries and Conceptual Analysis for Consideration. In Heliyon, 8(6). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09689

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. In Jurnal Keindonesiaan, 02,(01)

Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164-168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242

Suardi, W. (2017). Catatan Kecil Mengenai Desain Kualitatif Deskriptif (QD). Jurnal Ekubis, 2(1), 119-129

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1). https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Schubatzky, T., Burde, J. P., Große-Heilmann, R., Haagen-Schützenhöfer, C., Riese, J., & Weiler, D. (2023). Predicting the development of digital media PCK/TPACK: The role of PCK, motivation to use digital media, interest in and previous experience with digital media. Computers and Education, 206. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104900

Sholikhah, A. (2017). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Yuniasih, N., Putri, R. E. N., Nita, C. I. R., & Findawati, Y. (2019). DOMI KALI: Elementary school multiplication learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077084

Zainil, M., Helsa, Y., Sutarsih, C., Nisa, S., Sartono., & Suparman. (2024). A needs analysis on the utilization of learning management systems as blended learning media in elementary school. Journal of Education and E-Learning Research, 11(1), 56–65. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i1.5310

Zulkhairi., Arneliwati., & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 145-157

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Adibah, Y. ., & Purwati, P. D. . (2024). Reaktualisasi Pancasila: Penerapan Media Pancasila Virtual Exhibitions. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 20–32. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.626

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.