PERANAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB SOSIAL SISWA
https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.205
Keywords:
Peran Guru PPkn, Sikap Tanggungjawab SosialAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKn di SMP Negeri 4 Taliabu Utara dalam mengembangkan sikap tanggungjawab sosial siswa dalam pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, yang ditunjang dengan penelitian lapangan dan referensi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisisnya yaitu: 1) reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Teknik pmetiksaan keabsahan data dalam penelitian ini antara lain: 1) derajat kepercayaan (creadibility), 2) keteralihan (transferability), 3) kebergantungan (dependability), dan 4) kepastian (confirmability). Selain itu juga, pihak sekolah (Guru dan Kepala sekolah) dan peneliti bertujuan mengembangkan sikap bertanggungjawab sosial kepada siswa SMP Negeri 4 Taliabu adalah: 1) Jujur, 2) Mengakui kesalahan yang diperbuat, 3) tolong-menolong di lingkungan sosial (rumah, sekolah dan msyarakat), 4) Menghormati orang yang lebih tua (Guru, Orang tua, Kakak, Paman dan lain-lain), 5) Tidak membuat kegaduhan/keributan, 6) Menjaga kebersihan, ketentraman dan keamanan lingkungan sekitar, 7) Bergaul tanpa memandang suku, agama, ras ataupun golongan, dan 8) Bertanggungjawab. Hasil penelitian ini berguna untuk guru PPKn dalam menjalankan perannya sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, komunikator, motivator, inspirator, pendidik dan evaluator pada proses pembelajaran.
Downloads
References
Budiarto. 2013. Etnomamatika Dalam Membangun Dan Membudayakan Karakter, Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XVI Modernity. Rotterdam: Sense Publisher.
Arifin, Choirul. “Modus Pinjam dengan Jaminan SIM, Pelajar SMA Depok Jadi Korban Pencurian Motor” (Tribunnews. Minggu, 14 Januari 2018).
Agustina, Dewi. “Seorang Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Tersangka Pengedar Sabu-sabu Ikut Ujian Nasional di Sekolahnya” (Tribunnews. Senin, 2 April 2018).
Kartika, I. M. 2016. Peranan Guru PPKn dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMA Dwijwndra Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra. ISSN: 2085-0018.
Moleong J. Lexy 2013. Metodologi penelitian kualitatif. Remaja rosada karya. Bandung.
Permendiknas No.16 Tahun 2007 “Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Rosyada, D. 2010. Paradigma pendidikan demokratis: sebuah model pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan . Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali press.
Sugiarto. “Tawuran Pelajar, Clurit Siswa Hingga Tewas.Tiga orang Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang Terancam 10 Tahun Penjara” (Tribunnews Kamis, 15 Juni 2020.
Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
------------- 2015. Statistik penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal (3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 M. Jayadin Ilham, Trisno R. Hadis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.