KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.138

Authors

  • Chandra M. Lisabe Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kompetensi Guru, Program Kerja BK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerja bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Luwuk, 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja bagi sekolah dalam membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah kepalah sekolah, guru bidang studi, guru BK dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerja yang ada di SMP Negeri 2 Luwuk sudah cukup baik namun akan lebih baik lagi jika guru BK lebih 1)Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani, 2)Menguasai landasan teori bimbingan dan konseling, 3)Menyelenggarakan program bimbingan dan konseling yang memandirikan. Dan yang menjadi hambatan bagi sekolah dalam membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan peogram kerjanya yakni kurangnya  kerja sama orang tua dalam mendidik anak di sekolah, dikarenakan orang tua memberikan wewenang penuh kepada guru bimbingan dan konseling dalam mendidik peserta didik sedangkan peran orang tua lebih penting dalam mendidik kepribadian anak di dalam lingkungan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darminto. 2011. Tahap Rpogram Kerja Bimbingan dan Konseling, Jakarta.

Gysbers dan Henderson, 2003 Pinsip Program Kerja Bimbingan dan Konseling, Jakarta.

Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy M.A.2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Neviyarni. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru BK/ Konselor dalam Pelayanan BK di Sekolah. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Soejipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Rineka Cipta, Jakarta, 2004.

Sardiman 2001, Peranan Guru Bimbingan dan Konseling, Bandung.

Syamsu Yusuf L.N. dan Juntika Nurhisan A. 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Posda Karya. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatifdan R & D. Bandung:

Sumber: ABKIN. 2007. Naska Akademik Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal dan Non Formal.

Thantawy R, 2000 Kamus Bimbingan dan Konseling, Pamator Presindo, Jakarta.

Ws winkel, 2001 Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan, Gramedia, Jakarta.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Lisabe, C. M. . (2019). KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.138

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.