Hubungan Komunikasi Orang Tua dengan Sikap Sopan Santun Anak dalam Pergaulan pada Peserta Didik
https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.371
Keywords:
Komunikasi, Sikap Sopan Santun, PergaulanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi orang tua dengan sikap sopan santun anak dalam pergaulan pada peserta didik di SDN Inpres Saiyong Kabupaten Banggai Kepulauan. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik di SDN Inpres Saiyong. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,8753 atau 87,53% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan hubungan komunikasi orang tua dengan sikap sopan santun anak dalam pergaulan pada peserta didik adalah positif dan berada pada interpretasi antara 0,80 - 1,000 yang dimaknai dengan tingkat hubungan sangat kuat. Adapun nilai KD = 76,61% yang menunjukan besarnya hubungan komunikasi orang tua dengan sikap sopan santun anak dalam pergaulan. Sedangkan nilai thitung = 10,07, dengan derajat kebebasan (db) = 33 – 2 = 31 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,00, sehingga thitung lebih besar dari ttabel atau 28,61 > 2,02, sehingga korelasinya signifikan. Dengan demikian adanya hubungan komunikasi orang tua dengan sikap sopan santun anak dalam pergaulan pada peserta didik.
Downloads
References
Baharudin. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Mini Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam. Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2019: 105-123.
Djuwita, Puspa. 2017. Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1) 2017. Hal.27-36.
Esslyn, Jesslyn. (2021). Skripsi: Komunikasi Keluarga Remaja Perempuan dan Ibu Mengenai Perilaku Seksual. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu. Volume 1 Nomor 1 hlm. 13-18.
Jatmikowati, Tri Endang. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 Agustus 2018. P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X. Hal 1-15.
Justisiani, E. I. (20140. Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal Dan Komunikasi Nonverbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 2, Nomor 3, Hal. 193-206.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Pratama, A. Y., Yanti, M. T., Fitriani, E., Khosiah., & Mardani, S. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 9, No. 2, Juli-Desember 2019. e-ISSN: 2685-0141. Hal: 104-112.
Kusumawati, Tri Indah. (2015). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 6, No. 2, Edisi Juli-Desember 2016. Hal. 83-98.
Mulyani, Sulistiani. (2017). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa Kelas III Darul Hikmah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Rahmawati., & Gazali, M. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munzir: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Bimbingan Islam. Vol. 11. No. 2 November 2018
Sihombing, R. A., Hutagalung, J. F., & Lukitoyo, P. S. (2021). Pemahaman Dan Pembinaan Norma Sopan Santun Melalui Ppkn Pada Anak Sekolah GBI Sukma Medan. Jurnal Kewarganegaraan Volume 18, Nomor 1 (2021) Maret 2021. ISSN Cetak: 1693-7287 | ISSN Daring: 2745-6919. Hal. 37-53.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Widayat. (2016). Hubungan Tingkat Komunikasi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDIT Nurul Iman Purwantoro Tahun Pelajaran 2015/2016. Sudah dipublikasi.
Witrianti, M. (2013). Skripsi: Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Sekolah Dasar Pengguna Gadget Aktif (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Sekolah Dasar Pengguna Gadget Aktif; Handphone, Playstation, dan Laptop). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wigawati G. Rinti, Almustari Enteding
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.