Peran Komunikasi Verbal dalam Penanaman Akhlak Anak Usia Dini
https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.438
Keywords:
Komunikasi Verbal, Penanaman AkhlakAbstract
Penelitian ini mengulas tentang peran komunikasi verbal dalam penanaman akhlak anak usia dini di Taman kanak-kanak Pusat Padu Ulul Azmi Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi verbal yang dilakukan oleh guru dalam penanaman akhlak anak usia dini di Taman Kanak-kanak Pusat Padu Ulul Azmi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah hasil penelitian dari 10 peserta didik dan 2 guru yang mengajar dikelompok B. Hasil penelitian adalah dengan latihan dan proses pemberian komunikasi verbal secara lisan dengan menggunakan metode bercerita dan bercakap-cakap yang diberikan oleh guru di sekolah digolongkan berhasil dalam penanaman akhlak anak usia dini, terbukti dengan perilaku sopan dan peduli anak serta mau menolong orang tua, pendidik dan temannya.
Downloads
References
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 45–61. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i12.178.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hajerah, H. (2019). Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-kanak (Tk) Pertiwi DWP SETDA Provinsi Sulawesi Selatan. Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 43-51. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6863.
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2703.
Inah, E.N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 150-167. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416.
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Al-Irsyad Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2), 83-98. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alirsyad/article/downloadSuppFile/6618/999.
Kholili, M. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Untuk Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak (Tk) Islam Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(1), 33–46.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurhayani., Afifah, F., Stiani., & Harnita. (2021). Peran Komunikasi Verbal dalam Penanaman Akhlak pada Anak Usia Dini di Raudathul Atfal Al-Hikmah Kota Baubau. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 65-79. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah.
Putri, M. (2019). Peran Komunikasi Verbal dalam Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Mandarin Bagi Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2696.
Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Hubungan Manusia. Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 5–21.
Rahmanatasri, D., Parwoto., Amal, A., & Syamsuardi. (2021). Peran Komunikasi Verbal dalam Penanaman Akhlak Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Lentera Anaka, 2(1), 1-16.
Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–16. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2928.
Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Mandiri, 2(1), 65–86. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kasmayani Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.