Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen Ditinjau dari Motivasi Belajar

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.579

Authors

  • Ellyas Palalas Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Lakilo Laruli Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Handayani Umasugi Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Pendekatan RME, TGT, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen efektif ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A MTs DDI Midarul Ulum Kilongan tahun ajaran 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain penelitian one group pretes-posttes design. Pengumpulan data motivasi belajar matematika siswa menggunakan angket atau dalam bentuk pernyataan. Adapun hasil deskripsi motivasi sebelum treatment berurutan nilai rata-rata, median, dan modus adalah 66.12, 66.28, dan 63.26. Karena nilai modus < nilai Median berdasarkan acuan distribusi normal maka distribusinya cendrung rendah. Setelah tretment nilai deskripsi motivasi berurutan nilai rata-rata, median, dan modus adalah 79.35, 82.77, dan 83.04. Karena nilai median > nilai modus berdasarkan acuan normal maka distribusinya cenderung tinggi. Peningkatannya dapat dilihat pada nilai rata-rata sebelum dan setelah treatmentnya dari 66,12 menjadi 79,35. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 13.23. Sedangkan hasil penelitian motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen lebih tinggi thitung = 58,737 > ttabel = 1,697. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektif pendekatan RME dalam setting kooperatif TGT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. Internation Journal Of Elementery Education, 1(4), 249-263. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966.

Haqina, I., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Haisl Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021. JIPP: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 95-101. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.453.

Harahap, H. S., Ariani, N., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133-1143. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 46-56. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049.

Landong, A., Supriyono., Purba, W. A. B., Mrp, F. A., & Lazuardi, Y. I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas V SD Menggunakan Model RME Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JCS: Journal of Comprehensive Sience, 2(6), 1579-1585. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.380

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2). 87-97.

Muzaemah. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 88-99. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKn. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 14-19.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.

Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Umayah, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 2(1), 49-53.

Usman, H. (2019). Menejemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waritsman, A. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1), 28-32. http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i1.91.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Palalas, E., Laruli, L., & Umasugi, H. (2023). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen Ditinjau dari Motivasi Belajar. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 88–98. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.579

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.