Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Kriteria Newman pada Siswa Kelas VIII

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.423

Authors

  • Hamidah Hamid Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mulia Suryani Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Radhya Yusri Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Analisis Kesalahan, Soal Geometri, Kriteria Newman

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas VIII7 SMP Negeri 23 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling, dan terpilih subjek penelitian sebanyak 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa 3 butir soal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator Newman, setelah itu siswa diwawancarai berdasar jenis kesalahan yang dilakukannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu: (1) Reading error (RE) sebanyak 9 kesalahan, (2) Comprehension error (CE) sebanyak 19 kesalahan, yakni siswa kurang memahami masalah dalam soal sehingga siswa tidak bisa menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, (3) Transformation error (TE) sebanyak 28 kesalahan, yakni siswa belum mampu menggunakan rumus dengan benar dan salah dalam menentukan langkah-langkah peneyelesaian, (4) Process Skill error (PSE) sebanyak 24 kesalahan, yakni siswa belum mampu melakukan operasi hitung dengan prosedur yang benar dalam pengerjaan soal, (5) Endcoding error (EE) sebanyak 43 kesalahan, yakni siswa keliru dalam menuliskan hasil akhir jawaban dikarenakan tidak memeriksa ulang lembar jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912.

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 73. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/435.

Dinnullah, R. N. I., Noni, E., & Sumadji, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 175-184. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.175-184.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VIII Mts Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto. Tesis. Universitas Islam Negeri Makassar.

Hodiyanto. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester V dalam Mengerjakan Soal Pengantar Analisis Real. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(10), 33-34.

Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p493-504.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707.

Masitoh, I., Prabawanto, S., & Pendahuluan, A. (2015). Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui. 4, 1–11.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22-32.

Owuna, H. (2020). Analisis Kesalahan Konseptual Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Yang Berkaitan Dengan Operasi Matriks. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 25-38.

Rahmawati, C., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemamampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 147. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173-185.

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Pengawu, 11(2), 129-144.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2 ed). Rajawali Pers.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295-302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(2), 184-207.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605.

Zebua, V., Rahmi., & Yusri, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal LEMMA, 6(2), 122-133.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Hamid, H. ., Suryani, M., & Yusri, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Kriteria Newman pada Siswa Kelas VIII. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.423

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.