BEST PRACTICE PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI MENGGUNAKAN BANK SOAL DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.203

Authors

  • Frans Tadanugi SMP Negeri 3 Lage Poso

Keywords:

Pembelajaran Mandiri, Bank Soal

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lage dengan tujuan untuk menggambarkan keefektifan penggunaan strategi belajar mandiri dengan menggunakan bank soal dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menjawab soal-soal tipe ujian sekolah pada situasi belajar dari rumah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan tes hasil belajar. Analisis tes hasil belajar mengacu pada indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 71,33 dengan ketuntasan klasikal 73,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakiki, H. dan Abdulrahman. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Mandiri Berstruktur Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 02 Tahun 2017, 313 – 320.

https://core.ac.uk/download/pdf/230799060.pdf. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Kusrini, Janet Tineke Manoy, Susanah, Pradnyo Wijayanti Kusrini, Janet Tineke Manoy, Susanah, Pradnyo Wijayanti. 2014. Strategi Pembelajaran Matematika Edisi 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mardiana Tria. 2014. Pengembangan Bank Soal dan Pembahasan Ujian Nasional SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Macromedia Authorware 7.0 Di Sd Negeri Kalimenur Sentolo Kulon Progo DIY. Elementary School 1 (2014) 36-54. Volume 1 nomor 1 Januari 2014. Universitas PGRI Yogyakarta. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/787. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Pujiati Suyata, Djemari Mardapi, Badrun Kartowagiran, dan Heri Retnawati. 2011. Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan, Volume 41, Nomor 2, November 2011 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/1926/1579. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Putra, Kamil, dan Pramudia. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume I , nomor 1 April 2017. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/download/8723/5413. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saripah dan Shantini. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Mandiri Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3 – Nomor 2, November 2016, (176 - 186).

https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/11545/pdf. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Sihotang Hotmaulina, Bernadetha Nadeak, Rospita Siregar. 2020. Penerapan Belajar Mandiri Dengan Strategi Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Remaja Hkbp Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2020 Hal 393 – 405. Universitas Kristen Indonesia.

http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/1940/1567. Diakses tanggal 1 Nopember 2020.

Sri Utami Rahma Kurni, Bambang Sumitro, Herpratiwi. 2014. Perbedaan Rerata Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Strategi Belajar Mandiri Dan Gaya Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2014). Universitas Lampung.

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/viewFile/3088/4218. Diakses tanggal 1 Nopember 2020.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumardyono dan Wiworo. 2011. Pengembangan dan Pengelolaan Bank Soal Matematika di KKG/MGMP Program BERMUTU. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Suyata Pujiati, Djemari Mardapi, Badrun Kartowagiran, dan Heri Retnawati. Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru Dan Mutu Pendidikan. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 41, Nomor 2, November 2011, Halaman 120 – 128. Universitas Negeri Yogyakarta.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/2218/1830.

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widana, I.W. 2014. Pengembangan Bank Soal. Jurnal EMASAINS Volume III, Nomor 2, September Tahun 2014.

http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/89/1/PENGEMBANGAN%20BANK%20SOAL.pdf. Diakses tanggal 24 Juni 2020.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Tadanugi, F. (2021). BEST PRACTICE PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI MENGGUNAKAN BANK SOAL DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 118–128. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.203

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.