Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa MTsN 1 Mojokerto
https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.427
Keywords:
Keaktifan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan model pembelajaran kooperatif pada Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII I MTsN 1 Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, serta empat tahapnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I MTsN 1 Mojokerto yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat melalui Model STAD. Ketersesuaian terhadap indikator keberhasilan adalah mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar matematika yang tercapai oleh siswa. Perolehan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa bisa dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata yang memperoleh saat tes dilaksanakan saat akhir siklus I dan siklus II. Siswa teranggap mengalami peningkatan hasil belajar, apabila nilai rata-rata tes di atas KKM adalah 75 sebanyak 75%, sedangkan pada penelitian tindakan kelas ini mendapatkan rata-rata nilai pra siklus 45,93, sedangkan pada siklus I sebesar 80,7 dan nilai hasil tes akhir siklus II sebesar 89,5. Maka proses pembelajaran ini teranggap berhasil. Karena nilai rata-rata kelas VIII I diatas KKM yaitu 75 dengan persentase ketuntasan lebih dari 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD bisa mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII I MTsN 1 Mojokerto. Maka bisa disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD bisa mengalami peningkatan keaktifan siswa.
Downloads
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Berlyana, M. D., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. IJERE: International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. 10.24331/ijere.628311.
Budiyono, S., & Ngumarno. (2019). Improving Student Learning Achievements Through Application of The Student Teams Achievement Divisions (STAD) Method. Journal Of Applied Studies In Language, 3(2), 140-147. http://dx.doi.org/10.31940/jasl.v3i2.1370.
Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 275-280. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832.
Hudoyo, H. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205-211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551.
Lastia, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 242-250. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943.
Prayitna, R. S. H. (2018). Pembelajaran STAD Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Memprogram Mesin CNC. Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124-133. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391.
Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 295-300. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.
Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173-3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860.
Sa’adiah, H., Syaiful., Hariyadi, B., & Yudistira, P. (2021). Student Team Achievement Divisions (STAD) and Jigsaw Learning in Terms of Numerical Abilities: The Effect on Students’ Mathematics Learning Outcomes. Desimal: Jurnal Matematika, 4(3), 247-260. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344-350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450.
Trianto. (2018). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills pada Mapel PAI dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa di Tingkat SMP. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(1), 103–120.
Wulandari, 1. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arif Syafiuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.