MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.157

Authors

  • Wiwik Andriani Universitas Megarezky Makassar
  • Muhammad Saedi Kepala SMA Datok Sulaiman Palopo

Keywords:

Soal Matematika, Pendekatan, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika melalui pendekatan Problem Solving pada siswa kelas X IPA 4 SMA negeri 1 Gowa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Gowa pada semester ganjil pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika dan observasi. Data hasil kemampuan menyelesaikan soal-soal yang terkumpul dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 53,72 ini berarti bahwa skor rata-rata siswa berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 14,47. Sedang pada Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 73,71 ini berarti bahwa skor rata-rata siswa pada kategori sedang dengan standar deviasi 13,15. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Problem Solving  pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Gowa dalam proses pembelajaran, maka kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika siswa, kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayudiah, Fitri. 2007. Kesiapan Guru SMA Negeri di Kabupaten Brebes Utara dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Ajaran 2007/2008. (http://www.docstoc.com/docs/22289368/ kesiapan-guru-sma-negeri-di-kabupaten-brebes-utara).

Budirahaju, Endah. 2008. Contekstual Teaching and Learning Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Buku Sekolah Elektronik (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Dharma, Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jurnal Direktorat Tenaga Kependidikan. (Online). (http://www.scribd.com/doc/50174145/ 19/H-Metode-Problem Solving).

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk Kelas VIII SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Saedi, Muhammad. 2009. Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Menurut Polya. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sumardyono. 2005. Pengertian Dasar Problem Solving. Artikel Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK). Online. (http://p4tkmatematika.org/ file/ problemsolving/ Pengertian Dasar ProblemSolving_smd. pdf).

Tim MKPBM. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Upu, Hamazah. 2003. Problem Possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Andriani, W., & Saedi, M. . (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 70–75. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.157

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.