MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW MATERI HIMPUNAN

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.150

Authors

  • Hasman Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Pemahaman Konsep, Quick on the Draw, Himpunan

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang terdiri tiga indikator, yaitu: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma kedalam pemecahan masalah, dan (4) kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk reprentasi matematika. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran kooperatif  tipe quick on the draw  dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran matematika pada materi himpunan, karena dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Herbert 2000. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: UNES.

Paul Ginnis. 2002 Trik & Tak-Tik Mengajar. PT Indeks. Jakarta.

-------------. 2008 Trik& Tak-Tik Mengajar. PT Indeks. Jakarta.

Suherman. 2001. rhttp://mediaharja.blogspot.co.id/2012/05pemahaman-konsep.

Suprijonno. 2019. Cooperative Learning. (teori dan aplikasi paikem). Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Hasman. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW MATERI HIMPUNAN. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.150

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.