MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW MATERI HIMPUNAN
https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.150
Keywords:
Pemahaman Konsep, Quick on the Draw, HimpunanAbstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang terdiri tiga indikator, yaitu: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma kedalam pemecahan masalah, dan (4) kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk reprentasi matematika. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran matematika pada materi himpunan, karena dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Downloads
References
Arikunto Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Herbert 2000. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: UNES.
Paul Ginnis. 2002 Trik & Tak-Tik Mengajar. PT Indeks. Jakarta.
-------------. 2008 Trik& Tak-Tik Mengajar. PT Indeks. Jakarta.
Suherman. 2001. rhttp://mediaharja.blogspot.co.id/2012/05pemahaman-konsep.
Suprijonno. 2019. Cooperative Learning. (teori dan aplikasi paikem). Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Hasman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.