HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEG. 6 LUWUK

https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.79

Authors

  • MERIYANTI ROMBOT Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk
  • FITRIANTI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Penalaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran  Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten  Banggai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan meggunakan teknik pengumpulan data (1) metode observasi (2) metode tes . Dengan jumlah populasi 329 peserta didik dan sampel yang dijadikan objek penelitian berjumlah 15% dari 329 peserta didik yaitu 48 peserta didik . Untuk uji normalitas data didapatkan bahwa variabe X dan Y  berdistribusi normal.  Hasil  Penelitian kemudian dianalisis menggunakan korelasi produk moment dengan hasil (r)= 0,477 berada pada rentang 0,41 – 0,60 dengan criteria hubungan cukup. = 41,6192 + 0,43561Xi. Setelah dilakukan pengujian signifikansi dengan menggunakan uji F dengan kaidah keputusan   , maka signifikan. Didapatkan bahwa  , yakni Fhitung = - 0, 4782 dan Ftabel = 2,20 , maka dapat di simpulkan bahwa Fhitung = - 0, 4782 < Ftabel = 2,20 data berpola linear. Dimana terdapat terdapat hubungan yang signifikan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran  Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten  Banggai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

ROMBOT , M. ., & FITRIANTI. (2021). HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEG. 6 LUWUK. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.79

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.