HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEG. 6 LUWUK
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.79
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Penalaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan meggunakan teknik pengumpulan data (1) metode observasi (2) metode tes . Dengan jumlah populasi 329 peserta didik dan sampel yang dijadikan objek penelitian berjumlah 15% dari 329 peserta didik yaitu 48 peserta didik . Untuk uji normalitas data didapatkan bahwa variabe X dan Y berdistribusi normal. Hasil Penelitian kemudian dianalisis menggunakan korelasi produk moment dengan hasil (r)= 0,477 berada pada rentang 0,41 – 0,60 dengan criteria hubungan cukup. = 41,6192 + 0,43561Xi. Setelah dilakukan pengujian signifikansi dengan menggunakan uji F dengan kaidah keputusan , maka signifikan. Didapatkan bahwa , yakni Fhitung = - 0, 4782 dan Ftabel = 2,20 , maka dapat di simpulkan bahwa Fhitung = - 0, 4782 < Ftabel = 2,20 data berpola linear. Dimana terdapat terdapat hubungan yang signifikan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai.