PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK KELAS X MIPA 3 DI SMA NEGERI 1 LUWUK
https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i1.105
Keywords:
Model Pembelajaran NHT, Pemahaman Konsep Matematika, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Luwuk melalui Model NHT (Numbered Head Together) pada materi Trigonometri. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kolaboratif karena adanya kerjasama antara peneliti dengan pendidik mata pelajaran matematika kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Luwuk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka hasil dari penelitian ini adalah Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Trigonometri dikelas X MIPA 3 SMA N 1 Luwuk setelah diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terjadi peningkatan dan berada pada kategori baik. Dalam observasi siklus II menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menemukan konsep baru dan menyelesaikan soal yang diberikan semakin meningkat. Dimana Hasil observasi aktifitas peserta didik pada siklus II mencapai 91,67% meningkat 18,06% dari siklus I. Hasil observasi aktifitas Guru pada siklus II mencapai 90,00% meningkat 14,17% dari siklus I. Hasil dari analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada siklus II dengan rata – rata mencapai 86,09%, mengalami peningkatan sebesar 17,17% dari siklus I.