Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Improve Pada Materi Bangun Ruang

https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.625

Authors

  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Lakilo Laruli Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Improve, Bangun Ruang

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIA di MTs Alkhairat Luwuk pada materi kubus. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru, serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi segitiga. Maka untuk mengatasinya, dilakukanlah penelitian tindakan kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dari 58,69% pada siklus I menjadi 89,78% pada siklus II. Peningkatan hasil observasi siswa dari 66,67% pada sikus I, menjadi 96,36% pada siklus II. Peningkatan hasil observasi guru dari 71,67% pada sikus I menjadi 98,81% pada siklus II. Indikator keberhasilan disetiap siklus mengacu pada keberhasilan proses pembelajaran mencapai 85%, keberhasilan observasi guru maupun respon siswa mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keberhasilan pada pelaksanaan siklus 1 belum tercapai. Melalui refleksi dilakukan peninjauan kembali penerapan model pembelajaran Improve kemudian melanjutkan tindakan ke siklus 2. Dimana indikator keberhasilan dapat tercapai pada siklus 2. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Improve pada materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA di MTs Alkhairat Luwuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bungati, Hamdani, I. M., & Alang, H. (2022). Efektivitas Metode Improve dalam Pembelajaran Matematika Pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Masamba. JGM: Jurnal Guru Membangun, 41(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/gm.v41i1.54506

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Akuntansi, 6(6), 9508–9516.

Fitriani., & Utami, R. W. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar MAtematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Saintifik pada siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1, 67-71

Hamdani, I. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Toghether. JGM: Jurnal Guru Membangun, 40(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/gm.v40i1.47920

Iriyani, W. & Kusmanto, B. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigasi Kelas IV SD Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Thihayu Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 93-98. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.904

Jana, P., & Nugrahayuningtyas, A. (2019). Efektivitas ModelPembelajaran Improve ditinjau dari kemampuan Adversity Question. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 112-120. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14196

Junaidi., & Taufiq. (2023). Model Pembelajaran Improve untuk Meningkatkan Kemampuan Reflektif Matematis Siswa SMA. Jurnal Numeracy, 10(1), 41-51

Kamal., Devilla, R., & Alang, H. (2021). Pengaruh Pengggunaan Aplikasi Pembelajaran Edmodo terhadap Motivasi Belajar siswa Di SMK Negeri 2 Pangkep. JGM: Jurnal Guru Membangun, 40(1), 12-17. http://dx.doi.org/10.26418/gm.v40i1.47992

Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Cetakan ke 11. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Laruli, L. (2020). Pengaruh Kecerdasan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP Negeri 6 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 7-12. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.151

Mariyana, F., Anisa, L. N., & Rakhmawati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang dengan Media Benda Konkret Papercraft Kelas II. STAINU Purworejo: Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 5(2), 123-133

Nurhasanah, N., Kamal, M., Yuniartin, T. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui Metode Pembelajaran Improve Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Diagram. Jurnal Studi Pendidikan Islam (Bestari), 14(1), 87-106

Rahmi, N., & Nurlizawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Improve Terdadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS di MAN Sibolga Tahun Pembelajaran 2022/2023. Naradidik: Journal Of Education & Pedagogy, 2(2), 148-155. 10.24036/nara.v2i2.98

Rohaimis. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP dengan Menerapkan Metode Improve. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 779-787

Satar, A., & Hasman. (2024). Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Modul Ajar KPK dan FPB di Kelas V SD Negeri Inpres Bonepuso. Numeric: Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1) 9-16

Setyowati, A., Kantun, S., & Kartini, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (studi Kasus Pada sisw Kelas XI Akuntansi 4 SMK 1 Pancasila Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14 (1), 238-245. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12420

Soewono, E. B. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Ikraith-Informatika, 2(2), 20-23

Tansala, H., & Suyantana, I. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Pola Bilangan. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 106-114. 10.53090/jlinear.v6i2.384

Yatiningsih. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Improve Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Tokoh Sejarah Masa Hindu-Budha Siswa Kelas V Di SDN Kedungputri 2 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. JENN: Jurnal Edukasi New Normal, 2(1), 36-43

Yuyuny, U., & Rahmi, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar siswa SMP. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 3(3), 267-274. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9669

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sudane, I. W. ., & Laruli, L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Improve Pada Materi Bangun Ruang. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 60–70. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.625

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.