Deskripsi Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Terapan

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.425

Authors

  • Fitri Aida Sari Teknik Sipil, Universitas Banten Jaya

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika Terapan, Penilaian, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika terapan sehingga dosen di mata kuliah lainnya yang masih berkaitan dengan mata kuliah ini dapat mengambil langkah tertentu dalam menciptakan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika terapan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Teknik Sipil Universitas Banten Jaya Tahun Ajaran Ganjil 2022-2023 sejumlah 30 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan instrumen tes yang terdiri dari soal kuis, tugas, UTS, dan UAS. Sedangkan instrumen non tes terdiri dari lembar wawancara. Hasil uji coba instrumen menunjukkan instrumen valid dan reliabel sehingga dapat digunakan. Hasil belajar mahasiswa pada penelitian ini merupakan akumulasi dari berbagai aspek penilaian di antaranya kehadiran, tugas, kuis, UTS, dan UAS. Berdasarkan dokumentasi penilaian selama satu semester menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai dengan predikat B yang berada di rentang nilai 66 sampai dengan kurang dari 80. Untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dosen perlu untuk menyesuaikan materi dengan karakteristik dan kebutuhan belajar mahasiswa. Sebelum merencanakan pembelajaran dosen juga perlu membuat peta kebutuhan belajar mahasiswa sehingga hasil belajar mahasiswa dapat lebih dimaksimalkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adna, S. F. (2016). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Statistika Matematika I. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 39–50.

Adna, S. F. (2017). Analisis Diskriminan untuk Memprediksi Kelulusan Nilai Akhir Mahasiswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 17–24.

Ahmad, N., Supeno, & Utomo, A. P. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 174–180. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF.

Ani, Y. (2013). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum, 742–749. https://www.researchgate.net/publication/328857694.

Astiti, D. K. S., & Widiana, W. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hamdan, T. A., & Khader, F. (2014). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. Journal of Education and Practice, 5(29), 43–50.

Harefa, D. (2022). Student Difficulties in Learning Mathematics. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 78–86. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore.

Junaidah. (2015). Kontribusi Pemimpin Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 75–99.

Kusaeri. (2019). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 61–70.

Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2018). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Struktur Aljabar di Universitas PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53–63.

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Matematika Dasar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 74–85. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/576.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Setiawan, A., Abdullah, R., Apdeni, R., & Sari, N. M. (2018). Kontribusi Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(2), 2201–2205. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v5i2.10393.

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawi, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 551–556.

Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(2), 184–194.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 12 tentang Pendidikan Tinggi.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 262–278.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sari, F. A. . (2023). Deskripsi Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Terapan. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–65. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.425

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.