PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBERI SOLUSI SISWA YANG BROKEN HOME

Authors

  • Asnarita Nento Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Tompotika Luwuk Banggai

DOI:

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.140

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Broken Home

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memberi Solusi Peserta Didik Yang Broken Home di SMP Negeri I Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri I Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan. Sementara yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A  yang berjumlah 27 orang. Dari hasil rata-rata dari keseluruhan indikator yaitu sebesar 91,80% yang berada pada kategori penilaian baik. Hal ini juga terlihat dari masing-masing indikator yang memiliki kategori penilaian bervariasi dan didominasi dengan kategori sangat baik. Selanjutnya hasil rata-rata persentase peran guru dalam memberi solusi peserta didik yang broken home yaitu nilai rata-rata persentase sebesar 91,80%, dan berdasarkan kriteria pengukuran variabel berada pada rentang nilai  76% - 100% yang dimaknai dengan kalimat Sangat Berperan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Guru Bimbingan Konseling Sangat Berperan Dalam Memberi Solusi Peserta Didik Yang Broken Home di SMP Negeri I Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupten Banggai Kepulauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian (suatu Pendekatan). Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, P. D. (2011). Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin, S. (1997). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyono, A. (2000). Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahman, A. (2005). Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif. Bandung: Kolbu.

Rizali, M. (2006). Psikologi Pendidikan. Kuala Lumpur: Profesional Publishing.

Sadullo, U. (2010). Pedagogic (ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata. (2004). Teori Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilo, R. &. (2000). Kamus Populer Ilmiah Lengkap. Surabaya: Sinar Terang.

Udin, S. (2010). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Winkel, S. W. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Nento, A. (2019). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBERI SOLUSI SISWA YANG BROKEN HOME. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 27–41. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.140