Deskripsi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pagimana

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.374

Authors

  • Faizah Mangerang Bimbingan dan Konseling, Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Darma Yuningsih Suleman Bimbingan dan Konseling, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Perilaku Prokrastinasi, Akademik, Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagimana. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagimana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengkaji bentuk perilaku prokrastinasi akademik siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pagimana. Hasil penelitian menunjukkan ada dua faktor yang menjadi penyebeb perilaku prokrastinasi baik secara internal dan eksternal. Faktor internal yakni rasa malas, lebih memilih bermain game dengan teman, nongkrong bareng teman, tidak tahu mengatur waktu, dan lebih senang membantu orang tua di kebun. Faktor eksternal yakni orang tua tidak mengontrol anak mengenai tugas, tugas yang diberikan terlalu susah (tidak paham), dan tidak pernah diberikan penghargaan. Ada beberapa upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi prokrastinasi adalah guru memanggil siswa dan mempertanyakan kendala siswa, memberi nasehat, memberi motivasi tujuan masa depan siswa, menjelaskan ke siswa dampak melakukan prokrastinasi, dan koordinasi guru dengan orang tua siswa agar membantu memantau anak untuk mengerjakan tugas akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Z. & Heni, R. (2018). Pentingnya Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal At-Tujih Bimbingan dan Konseling Islam. 1 (2), 74-75.

Basri, S. H. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14 (2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1201

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. ((2014). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Jurnal of Guidance and Counseling: Theory and Aplication. 3 (3), 67-72.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3787

Ferrari, J. R., Johnson, J. I., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press.

Ghufron N. M., & Risnawita, S. R. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gracelyta, T., & Harlina. (2021). Tingkat Prokrastinasi Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Konseling Komprehensif. 8 (1), 46-54.

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/view/14511

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra W. N. E. (2017) .Tingkat Prokrastinasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhamadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2 (1), 26-31. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/314.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8 (1), 45-52. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/1868.

Nitami, M., Daharnis., & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Bealajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor. 4 (1), 1-12.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/6449

Nurmala, I. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik dan Mental. Jawa Timur: Airlangga University Press. Tersedia dalam Google Books.

Nduru, H., Zagoto, S. F. L., & Laila, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Fallah Cililin. Fokus. 2 (3). 87-95. https://docplayer.info/197504361-Gambaran-prokrastinasi-akademik-siswa-sma-darul-falah-cililin-bayu-permana.html

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Triyono., & Khairi A. M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa (Dampak Psikologis dan Solusi Pemecahannya dalam Islam). Jurnal Al-Qalam. 10 (2), 58-72. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/517

Ursia., Regar, N., Siaputra., Bagus, I., Sutanto., & Nadia. (2013). Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora. 17 (1), 1-18. http://repository.ubaya.ac.id/23848/

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Mangerang, F., & Suleman, D. Y. (2022). Deskripsi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pagimana. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 98–105. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.374